TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Gemar Membaca

Gemar Membaca


Buku adalah jembatan ilmu, dengan gemar membaca hal itu akan menumbuhkan pola pikir siswa maupun anak kita menjadi lebih berwawasan luas.apakah para siswa di sekolah anda sudah gemar membaca? 

Di era sekarang Siswa maupun anak lebih sering memainkan game online, bermedia sosial daripada menggunakan teknologi internet ini untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam membaca atau belajar.

untuk mendongkrak kecerdasan literasi anak-anak Indonesia hanya bisa dilakukan dengan membiasakan serta membuat anak ‘jatuh hati’ pada kegiatan membaca dan menulis. Dua hal tersebut, bukan kegiatan belajar yang hanya bisa dilakukan di sekolah. Karena itu, alih-alih membebani anak dengan tugas-tugas yang menumpuk selama belajar di rumah, guru dapat mendorong orangtua untuk mengajak anak membaca dan menulis di rumah. Dengan demikian, para guru dapat sekaligus mematahkan keluhan banyak orangtua siswa di masa pandemi seperti saat ini yang menganggap guru memanfaatkan momen belajar di rumah untuk membanjiri anak-anak dengan tugas.

Rendahnya minat membaca bisa dikarenakan siswa belum menemukan buku yang tepat. Jika sudah ada jenis buku yang menarik, perlahan-lahan akan timbul minat membaca. Mulai dari mencari tahu hobi, acara televisi apa yang mereka suka, kemudian temukanlah buku yang kira-kira punya tema dan karakter serupa. Cara ini memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun sangat efektif.Untuk pemula, dibutuhkan tempat yang mumpuni, seperti tersedianya kursi yang nyaman, pencahayaan cukup, dan buku yang variatif. Di dalam kelas misalnya, coba isi dengan banyak buku-buku menarik. Jika dikelilingi buku, perlahan siswa akan tertarik untuk menyentuh bukunya, kemudian membuka, melihat gambar, dan mulai membaca halaman demi halaman.

Setelah selesai membaca sebuah buku, cobalah sharing kepada mereka. Ceritakan pada mereka bahwa bapak/ibu merasakan pengaruh positif setelah membaca buku tersebut. Buatlah siswa penasaran, sehingga muncul keinginan untuk mengetahui buku tersebut lebih lanjut.


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media