TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Olah Raga Menjaga Imun Tubuh Di saat Menyambut Ajaran Baru Sekolah Tahun 2021

Olah Raga Menjaga Imun Tubuh Di saat Menyambut Ajaran Baru Sekolah Tahun 2021


Menyambut ajaran baru ini banyak yang perlu kita persiapkan baik sebagai guru bahkan sebagai orang tua yaitu : perlengkapan sekolah , makanan bergizi dan selalu berolah raga karena kita masih di era pandemik .

sekarang saya akan mencoba membahas tentang bagaimana kita Membantu anak-anak menjaga daya tahan tubuh atau imunitas adalah , yang mana salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para orangtua atau keluarga agar mereka terlindung dari ancaman Covid-19. Sistem imun secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua atau kerabat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, dilansir dari berbagai sumber: 

Jangan biarkan anak murung WHO dalam laman resminya, mendorong para pengasuh anak untuk dapat membantu anak-anak menemukan cara positif untuk mengekspresikan perasaan yang mengganggu, seperti ketakutan dan kesedihan. Setiap anak memiliki caranya sendiri untuk mengekspresikan emosi.

Jangan sampai anak dibiarkan menyendiri. Kurangnya bersosialisasi bahkan akan mengubah sistem imunitas tubuh pada tingkat seluler. Artinya, kesehatan fisik dan mental rentan akan mengalami penurunan dan tergganggu. Maka dari itu, penting untuk para orangtua untuk membantu membuat pikiran anak tetap rileks. 2. Ajak anak tetap aktif atau berolahraga

WHO merekomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik selama 1 jam per hari bagi anak-anak. 3. Pastikan anak makan makanan kaya vitamin dan mineral

Berikut ini beberapa pasikan vitamin dan mineral yang utama: 

  • Vitamin A sebagai pendongkrak pertahanan tubuh dengan cepat 
  • Vitamin B kompleks di mana vitamin B6 yang berfungsi sebagai T Cell sangat memengaruhi produksi antibodi penting untuk mengatasi setiap infeksi 
  • Vitamin C sebagai nutrisi utama peningkat imunitas atau masker immune-boasting nutrient yang membantu sel-sel imunitas menjadi dewasa, meningkatkan performa antibodi, dan antibakteri 
  • Vitamin E untuk menjaga sel-sel kulit

Pastikan anak cukup tidur . Kurang tidur atau terlalu letih dapat menurunkan imunitas dan meningkatkan risiko seseoran, termasuk anak-anak untuk terkena penyakit. Anak-anak yang kurang tidur biasanya akan mudah terserang influenza atau infeksi lainnya. Oleh sebab itu, anak-anak pun dinjurkan untuk mengambil waktu istirahat sesuai porsinya jika ingin tetap sehat.

Menjaga kebersihan makanan .Kebersihan makanan anak perlu diperhatikan, mulai dari proses pembersihan, pembuatan, termasuk juga perlengkapan makan dan air minum untuk menunjang daya tahan tubuh dan kesehatan. 6. Menjaga asupan nutrisi anak dengan baik Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan sangat efektif melalui kombinasi nutrisi, yaitu nutrisi makro, serat dan nutrisi mikro. Nutrisi makro, di antaranya yakni karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral. Sel-sel dalam tubuh membutuhkan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Kurangnya nutrisi dapat menurunkan fungsi sel sehingga bisa menurunkan sistem imunitas tubuh.

Ajak anak berjemur dengan tepat .Perdoski menyarankan, berjemurlah hanya pada sekitar pukul 09.00 pagi. Sebaiknya, berjemur 5 menit dahulu, kemudian naikkan secara bertahap maksimum 15 menit. Berjemur pada pukul 10.00-14.00 berisiko membuat kulit terbakar surya serta penurunan imunitas.


5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak-Anak

Lari 

Berlari adalah bentuk olahraga paling sederhana yang ada, dan juga sempurna untuk anak-anak. Berlari juga dapat digabungkan dengan gerakan lainnya ke dalam game, seperti lari estafet.

Melompat

Jenis olahraga yang kedua adalah melompat. Dengan lompatan, dapat membangun kekuatan otot, kebugaran kardiovaskular, dan daya tahan.


Lompatan juga merupakan olahraga yang menyenangkan untuk dicoba oleh anak-anak. 

Squat dan Lunges

Jenis olahraga yang ketiga adalah squat dan lunges. Latihan sederhana ini dapat membangun kekuatan kaki untuk memberi anak-anak fondasi yang baik untuk semua jenis olahraga dan kegiatan kebugaran.

Sit-Up dan Push-Up

Jenis olahraga yang keempat adalah sit-up dan push-up. Anak-anak dapat melakukan sit-up perut, sit-up sepeda, dan banyak lagi. Ada begitu banyak variasi pada gerakan sit-up.


Anak-anak juga dapat belajar melakukan push-up dan plank dasar untuk memperkuat tubuh bagian atas dan otot-otot inti mereka di bagian perut dan punggung.

Akhiri dengan Peregangan

Jenis olahraga yang terakhir adalah peregangan. Setelah berolahraga, anak-anak perlu diajarkan untuk melakukan beberapa gerakan peregangan sederhana untuk menjaga otot tetap kuat dan sehat.


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media