TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Apa Yang Kamu Ketahui Tentang PMI ( Palang Merah Indonesia )

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang PMI ( Palang Merah Indonesia )


PMI kepanjangannya adalah Palang merah Indonesia , yang umum kita tahu kan donor darah melalui PMI sebenarnya PMI itu tidak hanya tentang donor darah berikut penjelasan tentang apa saja kegiatan dari PMI itu.

Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan memiliki peran penting di tengah masyarakat.

Kehadirannya mampu membantu korban yang tengah membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya.

PMI pertama kali didirikan sejak tanggal 21 Oktober 1873 dengan nama Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (Nerkai). Sepak terjang PMI telah dilakukan jauh sebelum Perang Dunia II di saat masih ada pendudukan Kolonial Belanda. Organisasi bentukan Belanda ini sempat dibubarkan saat Jepang menduduki Indonesia. PMI kembali bangkit pada era tahun 1932 yang pertama kali dipelopori oleh Dr. RCL Senduk dan Dr Bahder Djohan. Aktivitas yang digagas oleh dua orang tersebut nyatanya disambut baik oleh kalangan pelajar di Indonesia. Selanjutnya kalangan pelajar tersebut membawa wacana tersebut dalam sidang Konferensi Nerkai yang diselenggarakan pada tahun 1940 yang mengalami penolakan pada awalnya.

Pada tanggal 17 September 1945 akhirnya Perhimpunan Palang Merah Indonesia secara resmi dibentuk. Kegiatan pertamanya yakni membantu korban perang revolusi kemerdekaan RI serta mengembalikan korban tawanan perang sekutu maupun Jepang sehingga PMI telah mendapat pengakuan secara internasional. Pengakuan tersebut didapat secara resmi sejak tahun 1950 sejalan dengan penempatan PMI sebagai salah satu anggota dari Palang Merah Internasional yang sesuai dengan Keppres No.25 tahun 1959 dan Keppres No.246 tahun 1963. Hingga saat ini PMI telah tersebar dalam jaringan kerja yang ada di lebih dari 30 daerah provinsi dengan dukungan 165 unit operasional transfusi darah yang ada di seluruh Indonesia.

Tugas PMI diantaranya :

  • Memberikan bantuan kepada korban konflik bersenjata, kerusuhan dan lainnya.
  • Memberikan pelayanan darah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Melakukan pembinaan relawan.
  • Melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan Kepalangmerahan.
  • Menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan kegiatan Kepalangmerahan.
  • Membantu dalam penanganan musibah dan/atau bencana di dalam dan di luar negeri.
  • Membantu pemberian pelayanan kesehatan dan sosial.
  • Melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya yang diberikan oleh pemerintah.


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media