TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Guru Sebagai Demonstrator

 Guru Sebagai Demonstrator 


Sebagai Demonstrator seorang guru hendaknya senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkannya serta senantiasa mengembangkannya dalam arti meningkatkan kemampuannya dalam hal ilmu yang dimilikinnya karena hal ini akan sangat menentukan hasil belajar yang dicapai oleh siswa .

Salah satu yang harus diperhatikan oleh guru bahwa ia sendiri adalah pelajar.ini berarti guru itu harus terus menerus belajar ,dengan begitu seorang guru akan memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan sebagai bekal dalam melaksanankan tugasnya sebagai pengajar dan demonstrator.

Teknologi pendidikan semakin berkembang. Berbagai pendekatan dan strategi pembelajaran pun mengalami pembaharuan. Hal ini menuntut guru untuk dapat beradaptasi dengan semua pembaharuan tersebut

Sebagai demonstrator, guru harus mampu menampilkan ilmu pengetahuan secara menarik dan mudah dicerna sehingga dapat diterima oleh siswa dengan baik.


Kunci kesuksesan guru melaksanakan peran demonstrator adalah menguasai ilmu pengetahuan yang akan diberikan dengan baik. Menyampaikannya dengan metode pembelajaran yang tepat. 


Sebab, bagaimana mungkin siswa menerima pelajaran jika guru mengalami keragu-raguan dalam menyampaikan materi pelajaran. Siswa akan mengalami ketidakpercayaan terhadap kebenaran materi yang disampaikan oleh guru. Kredibilitas guru pun akan menurun di mata siswa.


Upaya penting membekali keterampilan sebagai demonstrator ulung adalah selalu belajar dan bereksperimen dalam setiap pembelajaran yang dilaksanakan. Karena bagaimanapun, disaat guru mengajar maka saat itu pulalah sesungguhnya guru sedang belajar. 

Kelebihan metode demonstrator sebagai berikut :


Membantu anak didik memahami dengan jelas jalannya suatu proses atau kerja suatu benda.

Memudahkan berbagai jenis penjelasan .

Kesalahan-kesalahan yang terjadi dari hasil demonstrator dapat diperbaiki melaui pengamatan dan contoh konkret.

Kelemahan metode demonstrator sebagai berikut :


Anak didik terkadang sukar melihat dengan jelas benda yang akan dipertunjukkan.

Tidak semua benda dapat didemonstratorkan

Sukar dimengerti bila didemonstratorkan oleh guru yang kurang menguasai apa yang didemonstratorkan.

 

 peran guru sebagai demonstrator


Peran guru sebagai demonstrator.


Pertama sebagai demonstrator berarti guru harus menunjukkan sikap-sikap yang terpuji. Dalam konteks ini guru berperan sebagai model dan teladan

Kedua, guru harus dapat menunjukkan bagaimana caranya agar setiap materi pelajaran bisa lebih dipahami dan dihayati oleh setiap peserta didik.

Menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkannya serta senantiasa mengembangkannya dalam arti meningkatkan kemampuannya dalam ilmu yang dimilikinya hal ini akan sangat menentukan hasil belajar yang dicapai oleh siswa.

 


Kunci kesukesan seorang guru demonstrator


menguasai ilmu pengetahuan yang akan diberikan dengan baik.

Menyampaikannya dengan metode pembelajaran yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media