TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Hari Ibu tanggal 22 desember


Ibu adalah tempat kita bersandar di saat kita lagi terpuruk dalam menjalani hidup ini. Tapi terkadang di saat kita mendapat kebahagiaan, kita lupa berbagi dengan ibu. Padahal dari sebuah do'a ibu lah kita diberi anugrah kebahagiaan tersebut oleh Tuhan. Bahkan para ustadz bilang, bahwa restu/ridho Allah itu tergantung dari restunya orang tua, terutama ibu.

Ibu adalah sosok hebat yang mampu melakukan tugas-tugasnya tanpa mengenal lelah. Seorang ibu tidak bisa dianggap remeh karena harus memikul beban dan tanggung jawab yang sungguh berat.

Bagaimana tidak, ibu dituntut harus bisa mengurus semua urusan rumah tangga, mulai dari A sampai Z. Bahkan, banyak ibu yang juga harus bekerja mencari nafkah untuk keluarganya.

Rasulullah pun menyebut nama Ibu sebanyak tiga kali, sementara ayah hanya satu kali. "Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Dan orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu.' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi,' Nabi shalallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Kemudian ayahmu. (HR. Al Bukhari).

Namun demikian, selain ibu seorang ayah juga punya peranan penting yang tidak kalah dari ibu, tetapi konteks hadist di atas adalah bentuk birul walidain atau suatu pengabdian kepada ibu yang sangat kita kagumi. "Otomatis ayah juga berada diposisi yang harus kita hormati dan sayangi. Begitulah Islam meletakkan sendi-sendi yang sangat sederhana namun besar kaidah dan hikmah penghormatan tersebut. Tanpa ibu kita tidak berarti apa-apa, tanpa ibu banyak anak kehilangan cinta, tanpa ibu kita menjadi anak-anak tanpa ruh cinta dan kasih sayang serta kering dan kurang berarti

Beberapa peran yang harus dijalani seorang ibu dalam keluarga nya :

IBU ADALAH MANAJER DALAM URUSAN RUMAH TANGGA

Ibu ibaratnya sebagai seorang manajer yang harus mengatur semua urusan rumah tangga mulai dari yang simpel atau mudah, seperti mengepel dan menyapu lantai, hingga urusan yang rumit sekalipun . Ibu harus bisa menyatukan dan memahami semua anggota keluarga yang mempunyai karakter berbeda. Tak hanya itu, ibu juga harus menuntun dan membimbing semua anggota keluarga agar bisa sejalan satu tujuan.

IBU SEBAGAI GURU YANG HARUS BISA MENDIDIK ANAK-ANAKNYA AGAR BISA CERDAS DAN BERKEPRIBADIAN BAIK 

Layaknya seorang guru, ibu memiliki peran penting dalam mendidik anak-anaknya mengenai pendidikan iman, moral, fisik dan jasmani, intelektual, psikologis, dan juga sosial. Melalui didikan seorang ibu, kepribadian seorang anak bisa terbentuk dengan baik karena ibu terus membimbingnya tanpa lelah sejak anak masih kecil. Ibu harus bisa menjadi teladan bagi anak-anaknya karena anak akan mencontoh sikap dan perilaku orangtuanya.

IBU ITU SEBAGAI KOKI YANG HARUS BISA KREATIF DALAM MENYAJIKAN MAKANAN UNTUK DINIKMATI OELH SELURUH KELUARGA

Ibu ibaratnya sebagai seorang koki atau chef yang harus bisa sekreatif mungkin ketika sedang memasak di dapur. Ibu akan memutar otaknya untuk memasak menu yang enak, lezat, dan bergizi, untuk para anggota keluarganya. Mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam, semua dimasak oleh ibu dengan penuh rasa cinta agar gizi anggota keluarganya selalu terpenuhi.

IBU SEBAGAI PERAWAT YANG HARUS BISA MERAWAT ANAK-ANAKNYA SEJAK MEREKA MASIH BAYI

Ibu ibaratnya sebagai seorang perawat yang harus bisa merawat anaknya sejak masih bayi. Setelah  hamil dan melahirkan anaknya, ibu juga harus memandikan, mengganti popok, memakaikan baju, menyusui, menyiapkan makanan MPASI, dan mengerjakan tugas-tugas lainnya. Tak hanya itu, ibu juga harus memberikan perlindungan, perhatian, dan kasih sayang yang tulus pada anaknya.

IBU SEBAGAI PENGELOLA KEUANGAN KELUARGA AGAR TIDAK BESAR PASAK DARIPADA TIANG

Ibu ibaratnya sebagai seorang akuntan yang harus bisa mengelola anggaran keluarga agar semua kebutuhan bisa tercukupi. Adapun kebutuhan keluarga misalnya, belanja bulanan, bayar sekolah anak-anak, serta membayar tagihan listrik dan telepon. Bahkan, banyak ibu juga harus bekerja membanting tulang untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Keputusan untuk berkarir biasanya dilatarbelakangi oleh banyak hal, seperti suami telah meninggal dan bercerai.

IBU SEBAGAI DOKTER SIAGA YANG HARUS BISA MENJAGA KESEHATAN SEMUA ANGGOTA KELUARGA

Ibu ibaratnya sebagai seorang dokter yang harus bisa menjaga kesehatan keluarganya. Seorang ibu selalu siap terjaga apabila ada anaknya yang sakit. Semua upaya dilakukan oleh ibu agar semua anggota keluarganya selalu sehat. Untuk itu, seorang ibu harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya sendiri karena harus melakukan segudang tugas yang butuh kekuatan fisik.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media