TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Guru Sebagai Pengelola kelas

Guru Sebagai Pengelola kelas 


Guru dalam perannya sebagai pengelola kelas hendaknya seorang guru itu mampu mengelola dan mengatur kelas.Lingkungan yang baik ialah yang bersifat menantang dan merangsang murid untuk belajar , memberikan rasa aman dan kepuasan dalam mencapai tujuan .

Kualitas dan kuantitas belajar seorang murid di dalam sebuah kelas bergantung pada banyak faktor antara lain sang guru, hubungan pribadi antar Murid  di dalam kelas serta kondisi umum dan suasana di dalam kelas.

Guru adalah tenaga pendidik yang profesional harus membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan standar kurikulum yang ada di sekolah tersebut. Dalam proses pembelajaran guru merupakan titik tolak ukuran tercapainya tujuan pembelajaran. Terciptanya pembelajaran yang kondusif apa bila guru dapat mengelola kelas dengan baik sehingga pembelajaran menjadi efektif, efesien dan menyenangkan. Pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh tenaga pengajar untuk menciptakan kondisi kelas yang kondusif apabila terjadi masalah di dalam kelas dan menciptakan situasi pembelajaran kearah yang lebih baik. Dalam pengelolaan kelas guru sering mengalami permasalahan yang terjadi dalam kelasnya yaitu masalah bersifat perorangan dan kelompok.


peran guru dalam pengelolaan kelas sangat diperlukan dalam mengajar karena akan menciptakan pembelajaran yang kondusif guna tercapainya tujuan pembelajaran.


guru tidak hanya memungkinkan Murid  belajar, tetapi juga mengembangkan kebiasaan bekerja dan belajar secara efektif di kalangan Murid . Tanggung jawab yang lain sebagai manager yang penting bagi guru ialah membimbing pengalaman-pengalaman Murid  sehari-hari kearah self directed behavior. Salah satu managemen kelas yang baik ialah menyediakan kesempatan bagi Murid  untuk sedikit demi sedikit mengurangi keberuntungannya pada guru sehingga mereka mampu membimbing kegiatannya sendiri. Murid  harus belajar melakukan self control dan self activity melalui proses bertahap. Sebagai manager, guru hendaknya mampu memimpin kegiatan belajar yang efektif secara efisien dengan hasil optimal. Sebagai manager lingkungan belajar, guru hendaknya mampu mempergunakan pengetahuan tentang teori belajar mengajar dan teori perkembangan sehingga kemungkinan untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang menimbulkan kegiatan belajar pada Murid  akan mudah dilaksanakan dan sekaligus memudahkan pencapaian tujuan yang diharapkan.


strategi penting dalam mengelola kelas belajar:


1.Mengelola kelas itu seni dan keterampilan

Banyak orang menganggap cara dan gaya berbicara di depan kelas tidak banyak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas. Ini adalah kekeliruan besar pada anggapan ini. Mengajar itu mengandung sentuhan nilai seni dan keterampilan. Maka tak salah jika guru dikatakan sebagai seniman pembelajaran. Seni mengelola kelas meliputi cara dan gaya guru berbicara saat mengajar. Termasuk didalamnya gerak-gerik anggota tubuh yang akan menarik perhatian siswa saat menerima pelajaran. Intonasi dan nada sewaktu berbicara sangat menentukan kejelasan materi yang disampaikan guru.


2.Mengelola kelas itu memerlukan perencanaan

Guru itu disainer pembelajaran. Memang, pembelajaran itu sudah dirancang sebelumnya. Rancangan itu berupa persiapan tertulis sebagai panduan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Guru sudah memperkirakan segala kemungkinan yang terjadi selama pembelajaran berlangsung. Waktu pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran dari menit awal sampai menit akhir. Kemungkinan gangguan dari prilaku siswa yang menyimpang sudah diantisipasi oleh guru sehingga waktu tidak habis untuk memarahi dan menegur siswa.


3.Mengelola kelas adalah mengatasi masalah belajar

Guru sebagai pelaksana pembelajaran perlu memusatkan segenap perhatiannya kepada proses pembelajaran agar terjadi pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu bentuk perhatian guru adalah persiapan pembelajaran yang matang, baik secara administratif maupun sikap mental guru.


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media