TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Memahami Berprilaku Kasih Sayang Kepada Sesama

Memahami Berprilaku Kasih Sayang Kepada Sesama

Kita sebagai manusia yang biasa disebut sebagai makhluk sosial ,yang saling membutuhkan satu dengan yang lain .Kita perlu untuk saling menyayangi antar sesama umat muslim .Agar dunia ini damai , tentram dan aman maka rasa kasih sayang kepada sesama itu perlu kita tanamkan sejak dini.Di saat seluruh dunia di guncang oleh adanya pandemik virus corona ini maka rasa kasih sayang kita perlu kita pupuk,kita perlu ingat saudara - saudara kita yang membutuhkan karena pengaruh im,bas dari perekonomian indonesia yang lagi goyang ini.Harusnya jika kita merasa punya kekayaan yang lebih mari dengan penuh rasa kasih sayang membantu orang - orang yang membutuhkan di sekitar kita .
Perlunya kasih dan sayang ternyata dan pastinya tidak bisa dibatasi. Kasih sayang dalam konteks universal adalah milik bersama, boleh dilakukan oleh siapapun, dimanapun berada. 


Dengan demikian, dalam arti lebih umum, kasih sayang sangat tidak terbatas hanya pada makhluk hidup yang diberi sebutan manusia, tetapi dalam pemahaman lebih luas mencakup kasih dan sayang terhadap makhluk hidup lain sejagad raya termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Di dalam sahih Al-Bukhari diriwayatkan dari Nukman bin Basyir yang mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda, ''Engkau lihat orang-orang Mukmin di dalam saling kasih sayang, hubungan yang hangat, dan merasakan, di antara mereka, seperti tubuh. Jika salah satu anggota tubuh mengeluh, maka seluruh tubuh itu akan merasakan demam dan tidak bisa tidur.'' Wajarlah sesama muslim saling hormat dan saling merendah, bukan saling merendahkan dan menghinakan. Lebih dari itu, mereka saling menyayangi dan bergaul dengan penuh kehangatan dan kekompakan.

Sebagaimana Allah SWT berfirman, ''Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka.'' (QS Al-Fath: 29). Oleh karena itu, marilah kita kembangkan kasih sayang ini sebagaimana tuntunan Yang Paling Penyayang di antara para penyayang. Siapa lagi yang menyayangi saudara kita sesama muslim kalau bukan kita sendiri yang muslim karena tidak mungkin orang kafir memberikan kasih sayangnya kepada kaum muslim tanpa ada udang di balik batu.

Dengan adanya rasa kasih sayang, tercipta kepedulian, kedamaian dan rasa empati kepada orang lain. Tidak hanya itu, kasih sayang bisa mendorong manusia untuk membantu meringankan penderitaan yang dialami oleh manusia lainnya. Tanpa adanya rasa kasih sayang, mungkin manusia akan menjadi sangat individualistis, egois dan tidak memikirkan kepentingan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media