TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Memahami Hadis Tentang Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Karena Adanya Pandemik Virus Corona ini mengharuskan kita untuk berprilaku hidup bersih dan sehat ,yang mana sebenarnya kita sebagai umat islam memang telah diajarkan bahwasannya "Kebersihan Adalah Sebagian Dari Iman ".
Sebagai umat muslim mari kita selalu menjaga kebersihan seperti yang telah di ajaran oleh junjungan kita Nabi Muhammad saw.

Seorang Muslim diharuskan dalam keadaan bersih ketika melakukan shalat, mencakup pembersihan diri dengan benar setelah menggunakan toilet dan wudhu.Mandi wajib harus dilakukan pasangan usai melakukan hubungan badan. Selain itu, Islam juga mendorong umatnya untuk membersihkan gigi.

Sejatinya, Islam memang menganjurkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan. Sebab Allah Swt pun menyukai hamba-Nya yang mensucikan diri, sebagaimana firman-Nya;


Rasulullah Muhammad Saw juga menganjurkan para sahabat dan umatnya menjaga kebersihan badan, di antaranya;



Mencuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun dinilai efektif untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan virus. Sejak dahulu, Nabi Saw sudah menganjurkan umatnya untuk mencuci tangan, baik saat wudu, sebelum makan, sesudah makan, hingga sesudah bangun tidur.
Rasulullah Saw bersabda;


Menjaga kebersihan mulut

Rasulullah Saw selalu menjaga kebersihan mulut, salah satunya dengan cara bersiwak, yakni menyikat gigi dengan dahan atau akar pohon yang dilembutkan ujungnya seperti sikat gigi.

Menyikat gigi sangat dianjurkan, terlebih sebelum salat. Nabi Saw bersabda:


Mandi dan bersuci

Cara paling efektif membersihkan badan adalah dengan mandi. Dalam Islam, bahkan ada mandi wajib dan mandi sunah.

Mandi wajib dilakukan untuk menghilangkan hadas besar, seperti seusai haid dan junub. Sedangkan mandi sunah dilakukan pada waktu-waktu tertentu, misalnya mandi sunah Jumat.

Nabi Saw bersabda;


Kesehatan bagi manusia bukan hanya berdampak pada fitnya badan, melainkan juga pada ketahanan tubuh, usia, dan tentunya kemampuan untuk beraktifitas. Semakin rendah tingkat kesehatan kita, maka akan rendah pula aktifitas yang bisa kita lakukan. Sedangkan, untuk berkarya dan memberikan manfaat yang besar bagi masayrakat, tentu saja membutuhkan kesehatan yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media