TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Minat Membaca Mari Kita Tingkatkan

Kami di rumah punya lemari dari kayu yang berisi macam - macam buku dari buku pendidikan sampai buku cerita anak - anak .Rutinitas ke toko buku biasa kami lakukan , anak - anak paling bersemangat jika tiba waktunya pergi ke toko buku .bahkan kadang - kadang kami ke toko buku bukan hanya membeli buku tetapi sekalian kesempatan baca- baca buku bagaikan kami lagi di perpustakaan umum .Apakah anda juga memiliki rutinitas yang sama seperti keluarga kami ?

Sebenarnya membacakan cerita oleh orang dewasa untuk anak-anak harus menjadi sebuah kebiasaan. Bagi anak kecil yang masih belajar berbahasa, mendengarlan menjadi media penting untuk meniru kosakata.

Di samping belajar berbahasa, ada hal lebih penting lagi dapat dipelajari anak-anak, yaitu memahami karakter. Buku bacaan akan meyuguhkan pelbagai karakter dengan kondisi bermacam-macam. Dengan berdampingan bersama orang dewasa, anak akan lebih mudah memhami isu tentang kemanusian yang sudah diserap tapi terlalu berat untuk dipahami.

Jika kita berada di kota-kota besar, mungkin hal ini terasa mustahil, di mana kita dengan mudahnya melihat orang membaca dan mengakses banyak buku. Akan tetapi Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Bergeser sedikit dari kota besar, kita bisa melihat kenyataan bahwa masih banyak orang-orang yang bahkan masih buta huruf. Apalagi di daerah pelosok sana, yang bahkan anak usia sekolah masih sulit mengakses buku.



Minat baca dikalangan masyarakat akan memicu berkualitas tidaknya suatu bangsa tersebut. Dengan rendahnya minat baca, tentu hal ini berpengaruh terhadap pengetahuan kita  terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di dunia. Akhirnya akan berdampak pada ketertinggalannya bangsa tersebut. Oleh karena itulah, kita harus membiasakan dan menumbuhkan minat baca sedini mungkin. Di zaman sekarang yang sudah semakin canggih, tidak lagi ada alasan untuk malas membuka buku. Membaca tidak lagi hanya dari lembaran-lembaran kertas, tetapi  sekarang sumber informasi lebih mudah didapat di internet dan media elektronik lainnya.

Beberapa cara Untuk Menarik Minat membaca Pada Anak - Anak kita  :


Biarkan Anak Ikut Membaca
Biarkan anak membantu Anda untuk membacakan beberapa kata atau mendeskripsikan gambar yang mereka lihat di halaman buku. Semakin cepat Anda membaca bersama anak, semakin cepat mereka mulai memahami pentingnya bahasa. Kesadaran itu akan membuat persiapan mereka sebelum mulai bersekolah jadi lebih baik.

Ajak Anak Mendiskusikan Cerita
Selalu ada kesan yang tertinggal di hati tiap kali selesai membaca buku. Apa pendapat anak Anda dari cerita tersebut? Apa mereka menyukai karakter atau gambarnya? Kenapa? Itu contoh pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada anak jika sudah selesai membaca.

Jadikan Rutinitas
Jadikan membaca bersama sebagai rutinitas dalam rumah. Membaca bersama akan selalu menyenangkan. Maka buat jadwal tetap, kapan Anda mau membaca bersama anak, misalkan sore selepas mandi atau usai makan malam. Kapanpun yang Anda bisa, sehingga anak tahu kapan seharusnya bersama orang tuanya.

Membacakan Anak Sejak Dini, Sesering Mungkin
Ingat, tidak ada kata terlalu dini untuk mulai membaca bersama anak. Entah dia masih bayi, balita, atau seorang murid sekolah dasar. Semua anak bisa mendapatkan manfaat saat menghabiskan waktu bersama buku. Semakin dini Anda membacakan buku untuk anak-anak, semakin besar rasa cinta mereka pada buku.

Bacakan Buku yang Mendidik Sekaligus Menghibur
Pilih buku yang mendidik juga menyenangkan. Misalnya, Anda bisa memilih buku tentang binatang dan mengajak anak mengidentifikasi perbedaan antara hewan dan di mana habitat hewan itu. Apapun topiknya, Anda bisa mendapatkan kesenangan lewat membaca buku bersama.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media