TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » Memperingati Hari Dongeng Sedunia Bersama Blog Guru

Memperingati Hari Dongeng Sedunia Bersama Blog Guru

Hari ini di tanggal 20 Maret adalah peringatan Hari Dongeng Sedunia ,tentu Anda tidak asing dengan kata Dongeng kan ,Mendongeng ini baik dilakukan karena memberi beragam manfaat untuk anak.

Menurut YaeBin Kim, Ph.D., parenting and family literacy specialist di University of Nevada Cooperative Extension, dongeng bisa diberi ke anak bahkan sejak mereka di dalam kandungan. Atau saat bayi dan batita, Bunda dan Ayah bisa mendongeng hal-hal sederhana.

Dongeng sejak dahulu adalah sebagai penghantar tidur anak. Namun pada zaman serba canggih seperti sekarang, kegiatan mendongeng di mata anak-anak tidak populer lagi. Dari bangun hingga menjelang tidur, mereka dihadapkan pada televisi yang menyajikan beragam acara, mulai dari film kartun, kuis, hingga sinetron yang acapkali bukan tontonan yang pas untuk anak. Kalaupun mereka bosan, tidak sedikit anak yang asyik memainkan smarthphone.


Dari dongeng, ada banyak manfaat yang bisa diambil, antara lain:

  1. Meningkatkan keterampilan bicara anak, karena bayi atau balita akan kenal banyak kosa kata.
  2. Mengembangkan kemampuan berbahasa anak, dengan mendengarkan struktur kalimat.
  3. Meningkatkan minat baca.
  4. Mengembangkan keterampilan berpikir.
  5. Meningkatkan keterampilan problem solving.
  6. Merangsang imajinasi dan kreativitas.
  7. Mengembangkan emosi.
  8. Memperkenalkan nilai-nilai moral.
  9. Memperkenalkan ide-ide baru.
  10. Mengalami budaya lain.
  11. Relaksasi.
  12. Mempererat ikatan emosi dengan orang tua.

Membacakan dongeng yang sederhana untuk anak dengan ilustrasi berwarna akan efektif. Buku jenis ini dapat memengaruhi perkembangan bayi secara keseluruhan. Jadi, pilihlah cerita pendek sederhana untuk anak yang terkait dengan tahap kehidupan mereka saat ini, seperti bagaimana anak laki-laki menemukan mainannya yang hilang atau bagaimana anak perempuan belajar menggunakan toilet.

Cerita dongeng bergambar yang tepat akan memperkenalkan si kecil terhadap berbagai mainan, hewan, burung, dan lainnya. Cerita dengan sedikit penjelasan seperti perbedaan warna, bentuk, dan ukuran akan membantu anak membedakan antara pilihan yang tersedia.

Anak mungkin belum mengenali gambar yang dilihatnya, namun mereka tertarik dengan pola yang berbeda dan warna yang menarik karena penglihatan anak masih berkembang.

Membacakan dongeng pada anak tidak ada batasan usia terkait waktu yang tepat anak mulai mendapatkan dongeng, namun orang tua harus mengetahui dan memahami psikologi anak sesuai dengan usia dalam memberikan dongeng sehingga nilai yang disampaikan dalam dongeng dapat diterima dan diserap dengan baik oleh anak tersebut.

Saat anak pada usia pra sekolah, orang tua dapat memilih dongeng yang sifatnya membantu anak untuk mengembangkan perbendaharaan kosa kata yang dimilikinya seperti dongeng tentang binatang.

Sedangkan untuk anak-anak yang sudah menginjak sekolah dasar dapat diberikan cerita dongeng yang mengandung nilai, teladan dan pesan moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan anak sehari-hari. Mengingat manfaat dongeng pada psikologi anak, orang tua sebaiknya dapat menggunakan media yang efektif ini untuk mendidik anak.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media