TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Merencanakan program belajar mengajar

Proses belajar mengajar perlu direncanakan agar pembelajaran berlangsung dengan baik dan mencapai hasil yang diharapkan .Isi perencanaan yaitu mengatur dan menetapkan unsur - unsur pembelajaran , serta tujuan , bahan atau isi , metode, alat dan sumber serta penilaian .
Menurut Suryadi dan Mulyana Program belajar mengajar adalah proyeksi guru mengenai kegiatan yang harus dilakukan siswa selama pembelajaran berlangsung .Dalam pembelajaran tersebut siswa akan dibawa, apa isi bahan pembelajaran , metode dan teknik dan penilaian .

Lalu unsur - unsur utama yang harus ada dalam perencanaan pengajaran adalah :
  1. Tujuan yang hendak dicapai 
  2. Bahan pelajaran atau isi pelajaran yang dapat mengantarkan siswa mencapai tujuannya 
  3. metode dan teknik yang digunakan 
  4. penilaian 


Rencana pembelajaran pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek yang dilakukan oleh guru untuk dapat memperkirakan berbagai tindakan yang akan dilakukan di kelas atau di luar kelas. Perencanaan pembelajaran tersebut perlu dilakukan agar guru dapat mengkoordinasikan berbagai komponen pembelajaran yang berorientasi (berbasis) pada pembentukan kompetensi siswa, yakni kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian berbasis kelas (PBK). Kompetensi dasar berfungsi untuk memberikan makna terhadap kompetensi dasar. Indikator hasil belajar berfungsi sebagai alat untuk mengukur ketercapaian kompetensi. Sedangkan PBK sebagai alat untuk mengukur pembentukan kompetensi serta menentukan tindakan yang harus dilakukan jika kompetensi standar belum tercapai.

Prinsip perencanaan pengajaran yang harus diperhatikan adalah:
  • Perencanaan pengajaran harus berdasarkan kondisi siswa.
  • Perencanaan pengajaran harus berdasarkan kurikulum yang berlaku.
  • Perencanaan harus memperhitungkan waktu yang tersedia
  • Perencanaan pengajaran harus merupakan urutan kegiatan belajar – mengajar yang sistematis.
  • Perencanaan pengajaran bila perlu lengkapi dengan lembaran kerja/tugas dan atau lembar observasi.
  • Perencanaan pengajaran harus bersifat fleksibel.



Adapun manfaat perencanaan pembelajaran antara lain:
  1. Sebagai petunjuk atau arah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran;
  2. Sebagai pola dasar dalam mengatus tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam proses pembelajaran;
  3. Sebagai alat ukur keefektifan kegiatan pembelajaran;
  4. Sebagai bahan dasar penyusunan data untuk memperoleh keseimbangan kerja;
  5. Untuk penghematan waktu, tenaga, biaya, alat

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media