b04e4553e6938e992a380e93a6ff4c43dd63d0239f9acea4bd
TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Strategi Guru Dalam Pembelajaran

Strategi biasa kita gunakan dalam berbagai bidang seperti dalam berbisnis menjaga keharmonisan keluarga dan lain - lainnya .apa sebenarnya kegunaan strategi itu???? kegunaan strategi adalah memberikan rumusan acuan kegiatan belajar mengajar untuk memperoleh pengalaman belajar yang inovatif mengenai pengetahuan dan kemampuan berfikir rasional dalam menyiapkan siswa memasuki kehidupan dalam masa dewasa.

Untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, seorang guru memerlukan wawasan yang tepat tentang kemungkinan­-kemungkinan strategi pembelajaran sesuai dengan tujuan belajar, baik dalam arti efek instruksional maupun efek pengiring, yang ingin dicapai berdasarkan rumusan tujuan pendidikan yang utuh, di samping penguasaan teknis di dalam mendesain sistem lingkungan belajar-mengajar dan mengimplementasikan secara efektif apa yang telah direncanakan di dalam desain instruksional.


Menurut Sanjaya (2007 : 177 – 286) ada beberapa macam strategi pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru :
  1. Strategi pembelajaran ekspositori
  2. Strategi pembelajaran inquiry
  3. Strategi pembelajaran berbasis masalah
  4. Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir
  5. Strategi pembelajaran kooperatif
  6. Strategi pembelajaran kontekstual CTL
  7. Strategi pembelajaran afektif

Seorang guru dituntut untuk memiliki berbagai strategi dalam pembelajaran. Strategi itu sendiri berarti strategi pengorganisasian dan penyamaian isi pembelajaran, serta pengelolaan pembelajaran. Dan kali ini saya akan menjelaskan berbagai macam strategi pengajaran yang menarik dan menghibur bagi siswa.

Picture and Picture

Strategi ini adalah strategi dimana guru menggunakan alat bantu atau media gambar untuk menerangkan sebuah materi dan menanamkan pesan yang ada dalam materi tersebut.

Numbered Head Together

Dalam strategi ini, hal yang ingin disampaikan adalah bagaimana siswa mampu menerima berbagai pendapat yang diterima dab disampaikan oleh orang atau kelompok lain, kemudian bersama, sehingga memunculkan pendapat yang paling ideal, atau bahkan tidak mendapatkan pendapat yang paling ideal. Selanjutnya guru memberikan kesimpulan terhadap jalannya pembahasan materi tersebut.

Cooperative Script
Strategi pembelajaran cooperative script  adalah sebuah strategi yang menarik bagi para siswa, karena siswa akan berbicara dengan lawan bicara secara langsung dana kan mendapatkan respons langsung dari lawannya

Kepala Bernomor Struktur

Strategi ini merupakan modifikasi dari strategi sebelumnya, yaitu numbered heads together, sehingga ada sedikit pengembangan dari strategi sebelumnya

Jigsaw

Strategi ini adalah strategi pembelajaran yang berupaya untuk mendalami sebuah materi dengan memberikan sudut pandang yang bervariasi dari setiap siswa. Hal ini sangat menarik dan membutuhkan peran aktif maupun pemahaman yang baik terhadap materi yang akan dibahas.
Course Review Horray


Strategi pengajaran course review horray merupakan strategi yang menyenangkan, karena siswa diajak untuk bermain sambil belajar untuk menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan secara menarik dari guru.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media