![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi50NQaqii9cotk0Y5fXao8QvJlG5cvKsky_ZR0sI4LYJAXmmubH68SlmoMjFMCjRrqptWCCC27SwbRv2LVaXfbFRjWDm8hNf3IGnQuM2tugRfglcfLkwQkznEcPGKQqd2xEiY706kwQDvr/s200/portofolio.jpg)
Dalam model Pembelajaran Berbasis Portofolio siswa dituntut untuk berpikir cerdas, kreatif, parsitipatif, prospektif dan bertanggung jawab.
Secara rinci melalui model pembelajaran pembelajaran berbasis portofolio diharapkan siswa dapat:
- Memperoleh pengalaman yang lebih besar tentang masalah yang dikaji.
- Belajar bagaimana cara yang lebih kooperatif dengan orang lain untuk memecahkan masalah.
- Meningkatkan keterampilan dalam meneliti.
- Memperoleh pemahaman yang lebih baik.
- Belajar bagaimana berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah.
- Meningkatkan rasa percaya dirinya, karena merasa telah dapat memecahkan masalah.
Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Portofolio adalah sebagai berikut:
- Mengidentifikasi masalah yang ada
- Memilih suatu masalah untuk dikaji dikelas
- Mengumpulkan informasi yang terkait dengan masalah yang dikaji
- Membuat fortofolio kelas.
- Menyajikan fortofolio/dengar pendapat.
- Melakukan refleksi pengalaman belajar.
Di dalam setiap langkah, siswa belajar mandiri dalam kelompok kecil dengan fasilitas dari guru menggunakan ragam sumber belajar di sekolah maupun di luar sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar