TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Model Pembelajaran Diskusi Kelompok

Metode diskusi adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberi kesempatan pada para siswa untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat , membuat kesimpulan atau menyususn berbagai alternatif pemecahan atas suatu masalah.
  • melibatkan semua siswa secara langsung 
  • setiap siswa dapat menguji tingkat pengetahuan 
  • dapat menumbuhkan dan mengembangkan cara berfikir dan sikap ilmiah 
  • siswa mendapatkan kepercayaan dan kemampuan diri
  • dapat menunjang usaha - usaha pengembangan sosial dan sikap demokratis para siswa
  • Tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar.
  • Pembicaraan terkadang menyimpang, sehingga memerlukan waktu yang panjang.
  • Mungkin dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara atau ingin menonjolkan diri.
  • Langkah-langkah penggunaan metode diskusi
  • Taraf persiapan meliputi: 
a)   Memilih dan menetapkan topic atau tema sekurang-kurangnya; mengidentifikasi masalah yang merupakan alternative untuk dipilih  dan didiskusikan.
b) Mengidentifikasi dan menetapkan satu atau beberapa sumber bahan bacaan atau informasi yang hendak dipelajari oleh siswa, sehingga kalau memasuki arena diskusi  diharapkan telah membawa bahan pemikiran. 
c) Menetapkan atau menyediakan alternatif komposisi dan struktur komonikasi kelompok diskusi. 
d) Menetapkan atau menyediakan alternatif pemimpin diskusi pada guru atau siswa.
  • Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi memilih pimpinan diskusi (ketua, sekretaris, pelapor) mengatur tempat duduk, ruangan, dan sebagainya dengan bimbingan guru.

  • Siswa berdiskusi dalam kelompoknya masing-masng, sedangkan guru berkeliling dari kelompok yang satu ke kelompok yang lain, menjaga ketertiban, serta memberikan dorongan dan bantuan agar anggota kelompok berpartisipasi aktif dan diskusi dapat berjalan lancar. Setiap siswa hendaknya, mengetahui secara persis apa yang akan didiskusikan dan bagaimana caranya berdiskusi.

  • Setiap  kelompok  harus melaporkan hasil diskusinya. Hasil diskusi dilaporkan ditanggapi oleh semua siswa, terutama dari kelompok lain. Guru memberikan ulasan atau penjelasan terhadap laporan tersebut.

  • Akhirnya siswa mencatat hasil diskusi, sedangkan guru menyimpulkan laporan hasil diskusi dari setiap kelompok

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media