Selasa, 15 Februari 2011

Metode Ceramah Dalam Pengajaran

Metode Ceramah
Metode ceramah ialah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Dalam hal ini biasanya guru memberikan uraian mengenai topic tertentu dengna alokasi waktu tertentu pula.
Metode ceramah lazim pula disebut dengan metode kuliah ataupun pidato. Metode ini adalah sebuah cara melaksanakan pengajaran yang dilakukan oleh guru secara monolog dan hubungan satu arah. Aktivitas siswa dalam pengajaran yang menggunakan metode ini hanya menyimak sambil sesekali mencatat.
Dalam pengajaran yang menggunakan metode ceramah, perhatian terpusat kepada guru sedangkan papa siswa hanya menerima secara pasif, mirip anak balita yang sedang disuapi oleh ibunya. Dalam hal ini timbul kesan siswa hanya sebagai objek yang selalu menganggap benar apa – apa yang disampaikan guru. Padahal posisi siswa selain sebagai penerima pelajaran ia juga menjadi subjek pengajaran dalam arti individu yang berhak untuk aktif mencari dan memperoleh sendiri pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.
Metode ini hanya cocok digunakan untuk menyampaikan informasi, kalau bahan itu cukup diingat sebentar, untuk member pengantar dan untuk menyampaikan materi yang berkenaan dengan pengertian – pengertian atau konsep – konsep.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar