Diberdayakan oleh Blogger.

Anak Memiliki Keistimewahan dan Homeschooling

Orang tua atau wali siswa/i Tentunya berkeinginan anaknya terlahir dengan sempurna Namun pada kenyataannya, tidak semuanya demikian… Adakalanya anak yang dimiliki terlahir sudah membawa beberapa kebutuhan yang harus diperlakukan khusus, adakalanya juga saat lahir Normal… namun saat berjalannya waktu saat usia sejenjang dengan TK / Sd mengalami hal yang tidak terduga sehingga akhirnya di sebut anak berkebutuhan istimewah.

Saat ini banyak sekali orang tua atau wali siswa/i repot dengan permasalahan seperti ini, namun saya yakin tidak ada orang tua atau wali siswa/i yang tidak berupaya…. dengan keadaan ini, sehingga mereka selalu memberikan dan mencarikan segala upaya hingga anaknya mendapatkan beberapa hal yang menjadi kebutuhannya dalam meningkatkan potensi yang dimilikinya.

Anak-anak seperti ini ada yang di terapi di lembaga terapi, ada juga yang masuk di sekolah inklusi, sekolah berkebutuhan khusus… dan masih banyak lagi, malah pernah saya temukan orang tua atau wali siswa/i memiliki 5 guru pendamping anak-anaknya di luar lembaga terapis yang diikutinya… Luar biasa…. Sungguh orang tua atau wali siswa/i ini adalah sangat menyayangi anaknya sehingga dia akan berupaya yang terbaik bagi anaknya.

Beberapa orang tua atau wali siswa/i yang terbatas keuangannya… ber upaya belajar segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan anaknya… misalnya Anaknya AUTIS atau Memiliki Kelebihan Istimewah maka si orang tua atau wali siswa/i akan belajar bagaimana menangani anak yang AUTIS atau Memiliki Kelebihan Istimewah ini.. dan kadang juga masuk ke berbagai milis tentang AUTIS atau Memiliki Kelebihan Istimewah… hingga bergabung ke komunitas AUTIS atau Memiliki Kelebihan Istimewah yang ada di kotanya atau di forum Internet.

Saya sangat salut sekali dengan upaya yang dilakukan oleh orang tua atau wali siswa/i seperti ini… dan secara tidak sadar sebenarnya mereka telah Melakukan tindakan kegiatan HOMESCHOOLING bagi anak-anak mereka.

Kegiatan Homeschooling seperti yang dilakukan beberapa keluarga seperti ini sebenarnya bisa efektif.. Ketika orang tua atau wali siswa/i mau lebih ada waktu untuk mendampingi Putra / putrinya yang mengalami kebutuhan khusus ini.

Namun kadang kala selalu ada kendala yang harus dihadapi… , biasanya Kejenuhan, kurang sabar, tidak memiliki sumber inspirasi materi yang signifikan dll.

hal ini bisa di selesaikan dengan cara antara lain :

1. Melakukan tindakan pembelajaran / kegiatan yang tidak monoton spy tdk jenuh

2. Ketika kurang sabar, kita bisa belajar sabar dengan banyak sharing di milis

atau komunitas sejenis, bahkan diskusi antar orang tua atau wali siswa/i…

3. Ketika kurang sumber inspirasi… , bisa hunting di beberapa toko Buku atau internet

dan perpustakaan kota.

4. Di komunitas misalnya komunitas AUTIS atau Memiliki Kelebihan Istimewah atau yg lain bisa juga dilakukan

barter buku atau saling pinjam meminjam.

5. Ketika orang tua atau wali siswa/i merasa tidak PD Bisa juga sharing atau bergabung dengan

komunitas atau lembaga yang bisa memberikan pendampingan.

6. Fokus pada apa yang ingin dicapai…, Ketika memang berat untuk mencapai

Pendidikan Formalnya ( mendapatkan Ijasah ) sebaiknya fokus saja pada

kemampuan skillnya untuk bekal hidup kedepan.

Ketika usaha diatas dilakukan Insya Allah. akan ada perkembangan yang cukup signifikan…..

semoga apa yang telah diupayakan oleh para orang tua atau wali siswa/i ini mendapatkan manfaat dan kemajuan bagi anak-anaknya

Salam Sukses Homeschooling indonesia




Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini :  
homeschooling, home schooling, program homeschooling, sekolah rumah, homeschooling kak Seto, kak Seto homeschooling. omeschooling Medan,  omeschooling Jakarta,  omeschooling Surabaya,  omeschooling Makasar,  omeschooling Indonesia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media