TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Strategi Menumbuhkan motivasi Belajar

 


Strategi Menumbuhkan motivasi Belajar 

Seperti yang sudah kita ketahui sebagai seorang guru pasti faham bahwa dalam suatu proses belajar mengajar perlu adannya motivasi, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dakam belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar .

Fungsi Motivasi

Menurut Hamalik (2002) ada tiga fungsi motivasi:

1.Mendorong manusia untuk bertindak, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan langkah penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan.

2.Menentukan arah perbuatan yaitu ke arah tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan tujuan.

3.Menyeleksi tindakan, yaitu menentukan perbuatan-perbuatan yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.

Guru selaku pendidik perlu mendorong siswa untuk belajar dalam mencapai tujuan. Dua fungsi motivasi dalam proses pembelajaran yaitu:

1. Mendorong siswa untuk beraktivitas

Perilaku setiap orang disebabkan karena dorongan yang muncul dari dalam yang disebut dengan motivasi. Besar kecilnya semangat seseorang untuk bekerja sangat ditentukan oleh besar kecilnya motivasi orang tersebut.

Semangat siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru tepat waktu dan ingin mendapatkan nilai yang baik karena siswa memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar.

2. Sebagai pengarah

Tingkah laku yang ditunjukkan setiap individu pada dasarnya diarahkan untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Dengan demikian Motivasi berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik. Ada tiga fungsi motivasi yaitu:

Mendorong manusia untuk berbuat, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang dilakukan.

Menentukan arah perbuatan kearah yang ingin dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya.

Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan guna mencapai tujuan,

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

1. Anda dapat memilih hal yang ingin dipelajari.

Saat di sekolah, kita tidak memiliki banyak pilihan. Kita mempelajari hal yang sama. Sekalipun kita tidak menyukai beberapa pelajaran, kita tetap harus mempelajarinya. Saat ini, Anda dapat memilih hal yang Anda sukai. Ini yang membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Jadi, tentukan bidang yang ingin Anda pelajari dan yang merupakan kesukaan Anda.

2. Ingatkan diri Anda akan hasilnya.

Misalnya Anda ingin mempelajari bahasa Korea. Mungkin Anda tidak suka mempelajari bahasa. Bayangkanlah hasil yang Anda akan dapatkan. Bayangkanlah Anda pergi ke Korea dan berjalan  di sepanjang toko atau restoran dan Anda dapat berbincang dengan para pelayan toko, sopir atau yang lainnya menggunakan bahasa Korea dengan lancar. Dengan membayangkan hasil yang akan Anda dapatkan, Anda akan kembali termotivasi untuk belajar kosa kata, kata kerja bahkan formula kalimat dalam bahasa Korea.

3. Gunakan alasan yang kuat.

Mempelajari sesuatu hal dengan tujuan untuk memenangkan perdebatan di kantor bukanlah alasan yang tepat untuk mempelajari hal baru. Momen kemenangan memang akan memberikan Anda kepuasan, tetapi itu tidak bertahan lama. Tetapi jika alasan Anda adalah untuk membuat Anda menjadi lebih efektif dan bekerja lebih baik, Anda akan selalu memiliki dorongan yang kuat untuk belajar.

Sebelum Anda mempelajari hal baru, pikirkanlah alasan yang membuat Anda ingin mempelajarinya. Pastikan bahwa itu adalah alasan yang kuat dan terhubung dengan kebutuhan emosi. Ketika alasan Anda terhubung dengan emosi, seperti kesenangan, cinta atau pemenuhan, Anda akan selalu memiliki motivasi untuk belajar.

4. Miliki tujuan.

Tentukan tujuan yang ingin Anda capai. Dengan menetapkan tujuan, Anda akan memiliki motivasi belajar bahkan saat Anda mengalami tekanan

5. Gabungkan Metode belajar Anda.

Kita memiliki banyak cara untuk belajar. Anda dapat menggunakan Wikipedia, Google dan bahkan Youtube. Coba kombinasikan cara belajar yang sangat menyenangkan bagi Anda. Perasaan senang akan membuat motivasi belajar Anda tetap bertahan. 

6. Bergabung dengan grup online.

Memiliki kelompok diskusi adalah cara yang bagus untuk mempertahankan motivasi belajar Anda. Milikilah grup diskusi yang dapat menjadi tempat Anda bertanya atau membagikan ilmu dan bahkan menjalin koneksi dengan orang lain dari berbagai dunia. Contohnya Whatsapp, Twitter, Facebook atau grup lainnya. 

7. Aturlah waktu pasti untuk belajar setiap hari.

Aturlah satu waktu yang tepat bagi Anda untuk belajar setiap harinya. Gunakanlah pengingat. Lakukanlah bersama kegiatan menyenangkan lainnya, misalnya belajar sambil menghabiskan secangkir minuman favorit atau sambil berjalan-jalan di ruang kerja Anda. Dengan begini, Anda akan tetap termotivasi dan memiliki konsistensi.

8. Buatlah tujuan-tujuan kecil.

Dari tujuan besar yang Anda miliki, jabarkanlah tujuan-tujuan kecil yang ingin Anda capai, misalnya tujuan dalam setiap minggunya. Dengan membuat tujuan-tujuan kecil Anda akan mampu memeriksa kemajuan Anda. Tentu Anda juga tetap termotivasi setiap kali Anda berhasil mencapai tujuan-tujuan kecil tersebut.

9. Mencari cara lain untuk belajar. 

Kapanpun rekan pembaca kehilangan motivasi, cobalah cara lain untuk belajar. Misalnya Anda belajar menggunakan Youtube, namun Anda merasa bosan dan tidak bersemangat lagi. Maka, cobalah cara lain yang dapat mengembalikan motivasi dan semangat belajar Anda. 

10. Berikan diri penghargaan kecil.

Ini adalah cara yang hebat dalam mempertahankan motivasi belajar. Ketika Anda berhasil mempelajari suatu hal, berikan penghargaan kecil, misalnya membeli suatu barang yang Anda sukai.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media