TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Seorang Guru Harus Menarik Minat Dan Perhatian siswa yang diajar di Kelas

Seorang Guru Harus Menarik Minat Dan Perhatian siswa yang diajar di Kelas

 


Seorang Guru Harus Menarik Minat Dan Perhatian siswa yang diajar di Kelas 

Minat merupakan sifat relatif yang menetap pada diri seseorang.Dengan minat seseorang akan melakukan sesuatu yang diminatinya.

Siswa mempunyai karakternya masing-masing, hal itu membuat perhatian mereka tak bisa disamakan. Sebagai guru, anda pasti pernah merasa kesulitan dalam membuat siswa fokus pada pelajaran.

 Perhatian siswa selalu merujuk pada hal yang mereka sukai dan yang mereka senangi. Tapi, tidak sesederhana itu juga untuk menyimpulkan perhatian siswa. Apalagi untuk anak sekoah dasar. Karena untuk mengajari anak-anak, kita mesti menjadi anak-anak terlebih dahulu

Cara Menarik Perhatian Siswa Saat Mengajar

1. Menerapkan pembelajaran, Bermain Sambil Belajar

Mendesai suatu pembelajaran dimana siswa belajar namun seolah-olah mereka sedang bermain-main, maka mereka akan benar-benar bisa menikamati pembelajaran tersebut dan pastinya mereka tidak perlu diminta untuk memerhatikan pembelajaran karena mereka sendiri merasa senang dan tertarik dengan pola pembelajaran yang demikian.

2. Menggunakan Media Pembelajaran

Mengajar dengan menerapkan metode ceramah pastinya akan berbeda dengan mengajar menggunakan suatu media pembelajaran, apalagi jika media yang digunakan adalah sesuatu yang baru dan unik bagi siswa, pastinya respon dan tingkat perhatian siswa akan lebih besar. Media pembelajaran bisa berupa sesuatu dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang ada dan memiliki keterkaitan dengan pembelajaran atau bisa berupa media alami seperti lingkungan sekitar

3. Variasi Model, dan Metode Pembelajaran

Pembelajaran yang monoton dan stganan cenderung bisa memunculkan perasaan jenuh dalam diri siswa, maka dari itu, agar perhatian siswa atau antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran maka perlu diadakan variasi dalam menerapkan suatu model dan metode dalam setiap pembelajaran agar siswa senantisa merasa ada sesuatu yang baru dalam kegiatan pembelajaran.

4. Pemberian Reward

Reward dalam artian adalah hadiah atau imbalan, hadiah dalam bentuk apapun pastinya akan membuat siswa merasa senang dan bangga untuk menerimanya. Reward misalnya bisa diberikan jika siswa yang bersangkutan bisa juara, mendapat nilai baik, menunjukan perilaku yang baik dan berbagai aspek penilaian yang bisa menjadi indikator dalam memberikan hadiah.

5. Bersuara Lebih Keras

Kadang ada suasana dimana suasana kelas menjadi ribut, sehingga suara guru adang tidak didengarkan oleh siswa-siswa, dalam situasi seperti ini, seorang guru bisa berinisiatif untuk mengeluarkan suara yang lebih keras, agar menjadi pusat perhatian siswa. 

6. Memberikan Pertanyaan yang Membuat Siswa Penasaran.

Perhatian siswa akan muncul ketika mereka dihadapkan kepada sesuatu yang membuat mereka merasa penasaran. Pertanyaan-pertanyaan yang membuat siswa penasaran akan memunculkan rasa ingin tahu dalam diri siswa, sehingga mereka akan memperhatikan guru dengan sendirinya.

7. Bernyayi Bersama

Siswa biasanya suka dengan kegiatan bernyanyi dalam kelas, apalagi saat pembelajaran berlangsung kemudian diselipkan nyanyian pastinya membuat siswa menjadi antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. 

Setiap siswa tidak sama dalam hal minat untuk mempelajari sesuatu ilmu pengetahuan. Mungkin ada yang lebih berminat belajar ekonomi, sejarah, biologi atau yang lain-lain. Minat semacam ini tidak dapat dipaksakan, kalau ingin mencapai hasil belajar yang optimal. 

Karena minat peserta didik tidak sama dalam hl mempelajari sesuatu ilmu pengetahuan, maka dapat penulis simpulkan, guru harus menciptakan program yang dapat menyalurkan minat-minat peserta didik. Misalnya, bagi siswa yang menaruh minat terhadap ilmu pengetahuan ekonomi, maka guru dapat memfasilitasi dan menciptakan kondisi untuk menyalurkan minat siswa tersebut dengan dibuatnya koperasi sekolah


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media