TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Guru Yang Membangkitkan Motivasi Siswa

Guru Yang Membangkitkan Motivasi Siswa

Guru Yang Membangkitkan Motivasi Siswa 


Motivasi
Adalah suatu proses untuk mengiatkan keinginan -keinginan menjadi perbuatan untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan dan kesiapan dalam diri seseorang yang mendorong tingkah lakunnya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu .

Sebagai Guru , tentu kita harus sadar dan paham dengan kondisi siswannya dikelas. Siswa perlu dimotivasi agar semangatnya untuk belajar tumbuh kembali. Seringkali motivasi adalah penggerak terhebat bagi siswa untuk belajar meskipun berada pada kondisi terbatas sekalipun. Motivasi itu ibarat air laut, kadang pasang kadang pula surut.

Menumbuhkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar. Salah satu cara yang logis untuk momotivasi siswa dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi siswa. Guru sebagai orang yang membelajarkan siswa sangat berkepentingan dengan masalah ini. 

Sehingga sebagai guru atau calon guru sebisa mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dengan menggunakan berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru yaitu : 

1) Memperjelas tujuan yang ingin dicapai. 

2) Membangkitkan motivasi siswa. 

3) Ciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar. 

4) Mengguanakan variasi metode penyajian yang menarik. 

5) Berilah pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa. 

6) Berikan penilaian. 

7) Berilah komentar terhadap hasil pekerjaan siswa. 

8) Ciptakan persaingan dan kerjasama.


siswa mungkin berada dalam satu kelas, namun mereka memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Pahamilah siswa guru, bagaimana tanggapan mereka terhadap materi dan apa minat,cita-cita, harapan dan kekhawatiran mereka. Pergunakanlah berbagai contoh dalam pembelajaran guru yang ada kaitannya dengan minat mereka untuk membuat mereka tetap termotivasi dalam belajar.

siswa akan menunjukkan minat dan motivasi pada para guru yang memiliki perhatian. Perlihatkan bahwa guru memgurung para siswa sebagai layaknya manusia normal dan perhatikan bahwa mereka mendapatkan proses pembelajaran dan bukan hanya sekedar nilai karena hal tersebut tercermin pada kemampuan guru sebagai seorang guru. Cobalah membangun hubungan yang positif dengan para siswa dan coba kenali mereka sebagaimana guru memperkrnalkan diri guru pada mereka. Sebagai contoh, ceritakanlah kisah guru ketika guru masih menjadi siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media