TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Pendidikan dan Perubahan


Pendidikan dan Perubahan 

Pendidikan dalam keluarga merupakan pilar pertama dan utama pengembangan potensi anak , khususnya dalam membentuk sikap dan keterampilan hidup.

sekolah , keluarga dan masyarakat saling memperkuat tertanamnya nilai dalam diri setiap peserta didik . proses saling memperkuat ini berlangsung berabad - abad .Pendidikan itu tidak boleh statis akan tetapi pendidikan harus mendisain tidak hanya perubahan individu namun sekaligus perubahan masyarakat dan bangsa secara komprehensif dan berkelanjutan .

Pendidikan memang harus menciptakan kemampuan daya saing bangsa .Pendidikan merupakan proses sistematis , terencana dan terarah dalam menumbuh kembangkan potensi anak sehingga tercapai kedewasaan yang maksimal sesuai tuntutan peran - peran sosial di masyarakat .

Pengetahuan dan keterampilan tersebut harus dimiliki oleh  generasi penerus pemimpin bangsa, yaitu anak-anak, remaja, dan pemuda yang mana mereka adalah peserta didik.

 perlu adanya pendidikan berkarakter di setiap jenjang pendidikan, yang akan menghasilkan peserta didik yang tidak hanya berpengetahuan, namun juga memiliki karakter yang sesuai dengan kepribadian bangsa. Pendidikan berkarakter inilah yang menjadi salah satu bekal penerus bangsa, untuk menghadapi dunia global, tanpa terpengaruh oleh dampak negatif globalisasi.


Untuk dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki akhlak yang baik, dan budi pekerti yang luhur, bukan hanya melalui perbaikan kurikulum saja, tetapi harus mengupayakan pemerataan pendidikan di seluruh wilayah 

pendidikanyang diterapkan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau kebutuhan dari daerah tempat dilangsungkan pendidikan. Unsur muatan lokal yang dikembangkan harus sesuai dengan kebutuhan daerahsetempat.


Sehingga, masyarakat didaerah pedalaman dapat tetap mempertahankan budaya dan tradisinya yang meupakan kekayaan bangsa Indonesia, disamping memiliki penguasaan akan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan keterampilan.

Kajian masyarakat masa depan itu semakin penting jika diingat bahwa pendidikan selalu merupakan penyiapan peserta didik bagi peranan di masa yang akan datang. Dengan demikian, pendidikan seharusnya selalu mengantisipasi keadaan masyarakat masa depan. Perubahan keadaan masyarakat masa depan yang berlangsung dengan cepat mempunyai beberapa karateristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagai ciri masyarakat di masa depan yaitu:

a.Kecenderungan globalisasi yang makin kuat

Menurut Emil Salim terdapat empat bidang kekuatan gelombang globalisasi, yaitu :

·Bidang IPTEK, dimana perkembangan dewasa ini begitu cepat

·Bidang ekonomi yang persoalan yang sangat prinsip bagi setiap Negara

·Bidang lingkungan hidup, dimana menjadi perhatian bangsa-bangsa di dunia Bidang pendidikan, dimana termasuk di dalamnya adalah kebudayaan.


b.Perkembangan IPTEK makin cepat

Francis Bacon mengatakan "Ilmu adalah kekuasaan" sehingga kita bisa mengatakan bahwa teknologi adalah suatu alat untuk mencapai kekuasaan. Adapun serangkaian kegiatan pengembangan dan pemanfaatan IPTEK, yakni:

·Penelitian Dasar (basic research)

·Penelitian Terapan (applied research)

· Pengembangan teknologi (technological development)

· Penerapan teknologi

c.Perkembangan arus komunikasi

Berbagai macam kemajuan yang terjadi selama ini mendorong perubahan masyarakat dari masyarakat agraris ke masyarakat industri dan dari masyarakat industri kemasyarakat informasi. Kebijakan-kebijakan yang harus cepat diambil bisa segera dilaksanakan dengan adanya informasi yang cepat diterima. Oleh karenanya pekerjaan dimasa yang akan datang menuntut seseorang untuk bisa menguasai IPTEK.

d.Adanya kebutuhan peningkatan layanan professional

Salah satu ciri penting masyarakat masa depan adalah meningkatnya kebutuhan layanan profesional dalam bidang kehidupan manusia. Karena perkembangan iptek yang makin cepat serta perkembangan arus infomiasi yang semakin padat dan cepat, maka anggota masyarakat masa depan semakin luas wawasan dan pengetahuannya serta daya kritis yang semakin tinggi.

Me Cully (1969) mengemukakan lima tahap dalam proses profesionalisasi:

1. Penetapan dan pemantapan : Penyepakatan antara kelompok profesi dan  lembaga pendidikan

2. Akreditasi : pengakuan kelayakan suatu program pendidikan pra jabatan

3. Mekanisme sertifikasi dan pemberian izin praktek

4. Bertanggungjawab

5. Memiliki kode etik

Dapat dikemukakan bahwa zaman sekarang dan masa depan adalah zaman modern, dan manusianya disebut manusia modern. Alex Inkeles menyebutkan beberapa ciri manusia modern, yaitu :

·Mempercayai dan mengutamakan kemampuan akal manusia, artinya tidak ada yang tidak dipelajari asalkan orang mau menggunakan akal dan pikirannya secara sungguh-sungguh

·Menggunakan dan memanfaatkan waktu sangat efisien, sangat padat, teratur untuk hal-hal yang berguna. Orang modern mampu mengatur waktu dan mengisi waktu sesuai dengan yang direncanakan

·Suka kepada pembaharuan dan mau menerima pembaharuan, karenanya orang modern juga suka kepada perubahan, selalu bersifat dinamis, suka mencoba untuk membuktikan mana yang lebih baik, yang lama atau yang baru

·Orientasi ke masa depan, masa lalu bukan untuk dipuja dan dikenang-kenang, tetapi untuk dijadikan pelajaran dan pengalaman dalam merencanakan masa depan

·Hemat dalam penggunaan penghasilan, saving minded (cara hidup yang suka menabung), penggunaan uang juga terencana

·Mampu mengontrol diri sendiri,  kurang senang diatur dan dicampuri oleh orang lain

·Tidak suka tergantung bantuan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media