TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Belajar Bagi murid dan Mengajar Bagi Guru

Belajar Bagi murid dan Mengajar Bagi Guru


Belajar Bagi murid dan Mengajar Bagi Guru 

Belajar dan mengajar adalah aktivitas yang dilakukan oleh guru dan murid kan ,tapi sebenarnya pekerjaan seorang guru itu bukan hanya mengajar tapi guru juga dituntut harus selalu berinovasi jadi mau tidak mau seorang guru selain mengajar dia juga harus mau untuk belajar ,lebih kreatif dan lebih inovatif selalu berkembang mengikuti perkembangan dunia pendidikan yang semakin hari semakin canggih.

Belajar ialah berubahnya pola pikir secara lebih luas karna tambahnya pengetahuan dan berubahnya perilaku karena hasil dari pemikiran tersebut menjadi lebih baik.

mengajar maknanya, yaitu :

- Menanamkan pengetahuan kepada anak didik dengan harapan terjadi suatu proses pemahaman.

- Segala upaya yang disengaja dalam rangka memberi kemungkinan bagi siswa untuk terjadinya proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan.

Menurut James O. Whittaker dalam Djamarah (1999), Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.


Menurut Djamarah, Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor.

Untuk menangkap isi dan pesan belajar, maka dalam belajar tersebut individu menggunakan kemampuan pada ranah-ranah:

1)Kognitif yaitu kemampuan yang berkenaan dengan pengetahuan, penalaran atau pikiran yang terdiri dari kategori pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.

2)Afektif yaitu kemampuan yang mengutamakan perasaan, emosi, dan reaksi-reaksi yang berbeda dengan penalaran yang terdidri dari kategori penerimaan, partisipasi, penilaian sikap, organisasi, dan pembentukan pola hidup.

3)Psikomotorik yaitu kemampuan yang mengutamakan ketrampilan jasmani yang terdidri dari persepsi, kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan terbiasa, gerakan kompleks, penyesuaian pola gerakan, dan kreativitas.


Ciri-ciri belajar :


Adanya kemampuan baru atau perubahan.  Perubahan tingkah laku bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), maupun nilai dan sikap (afektif);

Perubahan itu tidak berlangsung sesaat saja melainkan menetap atau dapat disimpan;

Perubahan itu tidak terjadi begitu saja melainkan harus dengan usaha. Perubahan terjadi akibat interaksi dengan lingkungan;

Perubahan itu tidak terjadi semata-mata disebabkan oleh pertumbuhan fisik/kedewasaan tidak karena kelelahan, penyakit atau pengaruh obat-obatan.

definisi belajar yang dikemukakan oleh para ahli.


Learning refers to the change in the subject’s behaviour to a given situation brought about by his repeated experiences in the situation, provided that the behaviour change can not be explained on the basis of native response tendencies, maturation, or temporary state of the subject. (Ernest R. Hilgard)

Learning. The process(es) by which humans acquire the range and variety of skills, knowledge, and attitude that set the species apart from others (Margaret E. Gredler)

Learning is a change in human disposition or capability, which can be retained, and which not simply ascribe to the process of growth (Gagne)

Learning is a relatively permanent change in behaviour or knowledge that  occurs as a result of experience (Henry L Roediger)

Learning. a relatively permanent change in behaviour that  occurs as a result of Practice. Behaviour changes due to maturation or temporary conditions of the organism (such as fatigue, the influence of drugs, adaptation) are not included. (Rita L. Atkinson)

Learning….the process of acquiring knowledge. … a relatively permanent change in response potentiality which occurs as a result of reinforced practice (Reber)

Belajar adalah sautu perubahan dalam disposisi atau kecakapan baru peserta didik karena adanya usaha yang dilakukan dengan sengaja dari pihak luar peserta didik (D. Sudjana)


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media