TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Media Pembelajaran interaktif Dengan Menggunakan Manipulatif

Media Pembelajaran interaktif Dengan Menggunakan Manipulatif

Media Pembelajaran interaktif  Dengan Menggunakan Manipulatif 


Dapat kita jelaskan bahwa manipulalatif merupakan bahan yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Alat ini terkait langsung dan bagian dari penjelasan konsep uraian-uraian materi yang disampaikan.

Tentunya sebagai pendidik ,barang-barang disekitar kita pun dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi yang diberikan kepada siswa. Guru jaman sekarang itu dituntut harus kreatif dalam membuat berbagai macam benda-benda yang akan dijadikan sebagai media pembelajaran. Salah satu contoh benda yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang interaktif adalah kardus, sterofoam, plastic dan lain sebagainya. Dengan menggunakan alat peraga ini dapat meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi yang sedang diberikan.

Beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan media pembelajaran manipulatif tak perlu mahal. Dengan harga murah meriah pun media pembelajaran ini bisa kita kreasikan menjadi media yang berguna untuk siswa-siswa. Lalu apa saja Manfaat diperlukannya media pembelajaran manipulatif ini? tentunya agar siswa dapat lebih mudah dalam memahami suatu materi yang berbentuk abstrak. Misalkan pada mata pelajaran matematika untuk materi bangun ruang. Kita sebagai guru bisa membuat berbagai macam bentuk yang berkaitan dengan materi bangun ruang seperti kubus, bola, tabung, dan lain sebagainya. Dengan ini siswa akan lebih paham dengan materi yang dipelajarinya.

Media pembelajaran manipulatif ini dapat diaplikasikan untuk siswa TK, SD, dan juga SMP yang perlu dalam memahami materi pembelajaran tertentu berupa bentuk-bentuk aslinya. Jadi media pembelajaran manipulatif ini baik untuk digunakan bagi kamu yang ingin mengajar dengan alat peraga. Buatlah media manipulatif ini dengan kreatif dan menarik yang bisa menciptakan suasana yang baru bagi siswa.

Lalu yang tidak kalah pentingnya adalah Penggunaan material manipulatif dalam Pelajaran matematika telah sangat lama digagas melalui penelitian-penelitian yang dapat dipercaya.Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan media manipulatif tidak hanya memungkinkan siswa membangun sendiri model-model dari permasalahan-permasalahan matematika, namun lebih jauh media manipulatif menyediakan bahasa universal yang dapat digunakan siswa untuk mengkomunikasikan model-model yang ada kepada guru atau siswa lainnya.

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memanipulasi benda-benda konkrit  memberikan  keuntungan tambahan yaitu melibatkan siswa aktif dalam belajar dan meningkatkan minat siswa untuk senang belajar matematika. Siswa yang disajikan dengan kesempatan untuk menggunakan material  manipulatif akan lebih tertarik pada matematika.



0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media