TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Media pembelajaran interaktif dengan menggunakan game

Media pembelajaran interaktif dengan menggunakan game

Media pembelajaran interaktif dengan menggunakan game 


Kegiatan belajar mengajar di sekolah yang padat sering kali membuat anak bosan untuk belajar lagi di rumah. Padahal, pendidik tetap harus mendukung pendidikan anak saat berada di rumah. Anda bisa menyiasati mendidik anak di rumah dengan cara mengajaknya bermain game edukasi.

Media pembelajaran adalah media yang dapat kamu gunakan dalam membuat pembelajaran lebih menarik. Sehingga pelajaran yang sampaikan dapat dengan mudah diterima oleh para siswa. Dengan media pembelajaran, pembelajaran didalam kelas tidak akan membosankan dan dapat menjadi salah satu alternatif bagi para guru untuk menarik perhatian dari siswa-siswanya. 

Salah satu contoh dari macam-macam media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru pada saat pembelajaran dikelas adalah media pembelajaran interaktif.

media pembelajaran dengan menggunakan game 

Memainkan game berkelompok dalam kelas bukan hanya menyenangkan, tetapi juga bisa melatih kekompakan, meningkatkan daya ingat, melatih konsentrasi dan menghilangkan rasa jenuh. Bermain game di kelas juga dapat meningkatkan interaksi sosial antara siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa lainnya. Cara ini cukup efektif dilakukan agar siswa kembali semangat belajar dan membuat suasana kelas lebih aktif.


Game merupakan permainan yang paling disukai baik usia muda sampai tua. Game tidak hanya dimainkan untuk menghibur saja tetapi juga game memberikan pesan, maksud dan tujuan yang dapat tersampaikan kepada pemainnya. Maka dari itu game dapat didesain dengan tujuan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran dikelas sebagai media pembelajaran interaktif bagi siswa. Membuat game pembelajaran bisa didesain tergantung mata pelajaran yang diperlukan, misalnya matematika, bahasa inggris, sains dan lain sebagainya.


Pembuatan media pembelajaran interaktif berbentuk game ini dapat dibuat diberbagai aplikasi seperti Adobe Flash, Adobe Illustration, Corel Draw, dan lain sebagainya. Dalam pembuatannya juga diperlukan beberapa bagian yang tidak terlupakan dari game seperti karakter game, alur game, sound game, isi game, dan lain-lainnya. Media pembelajaran ini sangat menarik untuk dicoba karena dapat menarik minat siswa dalam mempelajari suatu materi yang diberikan. Tidak pula memberikan kebosanan serta dapat membantu meningkatkan daya ingat pada siswa-siswanya.


Game ini bisa digunakan untuk semua kalangan baik SD, SMP maupun SMA/SMK. Dengan dibuatnya media pembelajaran interaktif berbasis game ini siswa-siswa diharapkan mampu untuk menangkap isi atau inti dari permainan


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media