TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Metode Pembelajaran Yang Digunakan Dalam Proses Belajar

Metode Pembelajaran Yang Digunakan Dalam Proses Belajar

Metode Pembelajaran Yang Digunakan Dalam Proses Belajar 


Metode belajar yang digunakan nantinya akan sangat berpengaruh dalam perkembangan belajar peserta didik.

belajar merupakan sesuatu yang penting demi terbentuknya peserta didik yang memiliki pengetahuan dan karakter yang baik. Dalam kehidupan sehari-hari aktivitas belajar sangat banyak sekali, karena sesungguhnya belajar tidak harus selalu berada di suatu sarana pendidikan, seperti sekolah, bimbingan belajar dll. Kita juga bisa belajar dari keadaan lingkungan, masalah sekitar kita, seperti di keluarga, teman, atau masyarakat

 Semua manusia berhak dalam mengikuti proses belajar. Dan tidak hanya dalam lingkup sekolah saja, belajar juga bisa dilakukan dengan pengalaman yang ada.

Proses belajar sendiri di dalamnya terdapat hubungan guru dengan peserta didik yang harus dibangun dengan kekompakkan, agar proses belajar yang ada dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Seorang guru harus memiliki metode yang baik dan tepat dalam penggunaan pengajaran pada peserta didik, dan peserta didik harus melewati tahapan belajar dengan baik, yaitu bisa fokus dalam proses belajar dan mengingat materi yang sudah disampaikan, agar proses belajar yang dilakukan berhasil dengan baik.

Metode belajar yang efektif tidak semata-mata berorientasi pada angka. Tapi, juga perkembangan siswa didik secara mental dan emosional. Melalui metode belajar yang menarik dengan melibatkan siswa di dalamnya akan membantu mereka untuk tumbuh percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan menghadapi dunia luar nantinya.

Cara belajar yang kreatif tidak harus diterapkan setiap hari. kita bisa menggabungkan cara kreatif ini dengan metode mengajar konvensional seperti yang kita kenal sekarang ini. Guru dapat memberikan penjelasan di depan kelas lalu membentuk siswa ke dalam kelompok-kelompok dan mengajak mereka berdiskusi untuk memahami materi yang telah disampaikan.

Berikan pula kesempatan pada siswa untuk menanggapi pertanyaan ataupun pendapat dari teman mereka. Namun, guru harus tetap menjaga kondusifitas dari kelas.

Lalu sebagai orang tua dalam menunjang proses belajar anak di sekolah ,Orang tua bisa menerapkan metode pembelajaran menarik ini selama mengajari buah hati belajar di rumah. Dengan adanya pendampingan dari orang tua, anak akan semakin mudah dalam memahami dan menyerap pelajaran. Untuk metode belajar di rumah, orang tua dapat menambahkan beberapa aspek yang memang dirasa penting.

Orang tua bisa mengajak anak untuk belajar bersama teman-teman sebaya supaya minat belajar mereka lebih besar. Jangan lupa untuk mengajak anak berinteraksi dengan baik dan memastikan mereka telah siap untuk belajar.

Dengan kata lain bahwa Metode Pembelajaran sangatlah penting dalam berlangsungnya proses belajar mengajar.  siswa tidak akan berhasil dalam belajarnya jika metode pelajaran kurang tepat dengan kata lain siswa kurang tertarik dengan proses belajarnya. sebenarnya tidak ada mata pelajaran yang di benci siswa cuma metode pembelajaran yang kurang menarik oleh siswa. jika siswa sudah senang dengan metode pelajaran yang dibawakan oleh guru maka siswa akan mudah untuk menerima pelajaran dengan baik.

Banyak metode pelajaran yang dapat guru pilih untuk diaplikasikan di sekolah antara lain:

  • Metode Proyek
  • Metode Eksperimen
  • etode Diskusi
  • Metode Problem solving
  • Metode Wisata, Dll

untuk itu guna mencerdaskan kehidupan bangsa, Guru adalah tumpuan utama untuk mencetak generasi penerus bangsa. tanpa tangan seorang guru maka bangsa tidak akan pintar dan pandai. seorang presiden tanpa polesan tangan guru (Didikan seorang Guru) maka dia juga tidak akan menjadi seorang guru.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media