TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Guru Berinovasi dan berkreasi di Masa Pandemik

Guru Berinovasi dan berkreasi di Masa Pandemik


Menjadi seorang Guru di jaman sekarang kita diharuskan untuk menjadi guru yang berkreasi .jika kita hanya menggunakan metode -metode pengajaran cara lama maka murid - murid kita akan jenuh dan bosan.

sering kali gagasan baru sulit diterima atau diimplementasikan karena aturan yang baku. Tapi  guru tak boleh ragu untuk mencoba. Setiap Guru harus mempunyai gagasan baru yang keluar dari zona nyaman memang para guru mengalami try and errorr, tapi sebagai guru kita harus yakin selalu belajar , berkembang dan berinovasi untuk membagi ilmu pada penerus generasi muda di Indonesia .

Guru harus melakukan perubahan kecil di tengah berbagai kendala yang ada. Guru Harus mau berkreasi dan berimprovisasi dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) dan berupaya selalu melibatkan murid dalam kegiatan yang meningkatkan kreatifitas mereka. Guru diharapkan dapat menemukan bakat dalam diri murid, juga menawarkan bantuan terhadap guru lainnya yang mengalami kesulitan jika ada beberapa guru lain yang masih menggunakan metode lama untuk mengajar .

Seorang guru dapat berinovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Diharapkan inovasi yang dilakukan guru ini dapat mendorong lahirnya generasi muda yang inovatif dan kreatif. Para guru harus berinovasi, bekerja, dan berprestasi, dan melakukan perbaikan mulai dari kelas,

PR kita sebagai seorang guru di masa pandemik ini adalah Pendidikan harus tetap berjalan meski siswa saat ini belajar di rumah terkait pencegahan virus corona. Selama belajar, siswa mengerjakan tugas dari guru secara online atau daring (dalam jaringan). Demi kenyamanan siswa belajar, guru harus berkreasi dan berinovasi dalam pemberian materi tugas.

Guru yang berkreasi dan berinovasi dalam menggunakan metode pembelajaran akan membuat pembelajaran tidak terkesan monoton, namun lebih variatif dan anak lebih mencintai pelajaran.Terlebih terhadap mata pelajaran yang sering menjadi momok bagi mereka. Seperti Matematika, IPA, maupun pelajaran lainnya

Para guru juga dituntut untuk berdaptasi dengan teknis pembelajaran dengan metode E-learning memanfaatkan tekonologi informasi dan komunikasi sesuai perkembangan jaman. Inilah yang membuat guru menciptakan inovasi dalam memberikan materi belajar mulai dari, mengajak menggambar bersama, membuat video, membuat film, mendongeng, dan menggugahnya di sosial media.


Bukankah kasian kalau kita sebagai guru tidak berusaha menyesuaikan dengan keadaan. Kalau orang tua siswanya kebetulan pintar, bisa ajarin anaknya. Tapi kalau orang tuanya kurang pengetahuan dan tidak bisa mengajarkan anaknya, ini kan yang kasihan siswanya. Makanya sebagai guru kita harus berusaha bagaimanapun caranya


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media