TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Mengajak Anak Belajar Tanpa Dipaksa

Mengajak Anak Belajar Tanpa Dipaksa


Selama Pandemik ini anak belajar di rumah bersama orang tua,orang tua sebagai guru pengganti dirumah diajak untuk bekerja sama aktif bersama guru pengajar dari sekolah masing - masing .Tentunya orang tua harus mempelajari banyak metode untuk belajar dengan cara semenarik mungkin bagi anak - anak kita kan. Pengertian dari Belajar adalah proses alami manusia untuk memahami sesuatu. Caranya beragam tergantung pada metode belajar yang melekat pada anak Orang tua . Ada yang auditori (mudah belajar dengan mendengar dongeng, belajar sambil mendengar musik, atau audio), visual (mudah belajar dengan melihat gambar, membaca buku, atau menonton video panduan), dan kinestetik (lebih mudah belajar jika melakukan praktek atau percobaan, atau lewat gerak dan lagu).

Supaya anak senang belajar, ada sejumlah cara yang bisa orang tua lakukan :

 1 - Ciptakan lingkungan belajar yang positif, Biarkan anak Anda tahu bahwa cinta dan dukungan Anda untuknya tidak bersyarat, dan tidak terikat pada bagaimana prestasinya di sekolah. Jadi, ciptakan lingkungan yang hangat, tunjukkan kalau Anda mau memahami kesulitannya dan terus beri dorongan.

2 - Berikan kontrol dan pilihan,Buatlah rencana atau jadwal belajar untuk diikuti anak Anda. Tetapi akan lebih bijaksana kalau saat membuat rencana tersebut Anda melibatkan anak juga. 

3 - Ketahui di mana kelemahan anak,Setiap anak belajar dengan kecepatan yang berbeda. Berusaha untuk memenuhi harapan yang tinggi dari orang tua adalah salah satu penyebab paling umum anak mengalami stres dan kurangnya motivasi belajar pada anak.

Jadi berusahalah memahami tekanan yang mungkin dirasakan anak- anak . Dengarkan dengan penuh perhatian pada apa yang dikatakan anak Anda dan jelaskan kepadanya bahwa ia dapat menceritakan masalah atau kesulitan-kesulitannya pada orang tua . 

4 - Bantu anak, tetapi jangan berlebihan,Ketika orang tua duduk bersama anak - anak  untuk membantunya belajar, jangan melulu memberikan instruksi apalagi memperbaiki kesalahan anak begitu Anda menemukannya. Sebaliknya, beri dukungan dan dorong anak untuk menemukan kesalahannya dan perbaiki kesalahannya sendiri. kita dapat memberi bantuan hanya setelah anak mencoba sekuat tenaga atau memberi usaha terbaiknya. 

lalu saat orang tua memberikan instruksi, ingatlah untuk memecah konsep atau topik yang sulit menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana dan spesifik.

5 - Beri contoh, jadilah teladan,Anak-anak akan lebih mudah belajar bila melihat orang dewasa lain melakukannya, terutama orang tua dan anggota keluarga mereka. Jadi jika kita ingin memotivasi anak  untuk belajar, bantulah dia mempelajari kebiasaan yang benar dengan memberi contoh. 

Hindari menunda atau mengeluh tentang pekerjaan kita sendiri di depan anak-anak dan tunjukkan rasa percaya diri ketika berhadapan dengan tantangan

Sebenarnya Salah satu penyebab anak tidak mau belajar mungkin karena bidang tersebut tidak sesuai dengan minat yang dimiliki si kecil. Maka dari itu baiknya kita sebagai orang tua berusaha menggali minat anak sejak dini. Gali potensi dan mimpi mereka sejak kecil. Hindari memaksa anak tetap belajar dengan cara marah-marah atau memberikan ancaman

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media