TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » 1 Juni Hari Lahirnya Pancasila

1 Juni Hari Lahirnya Pancasila


Kita semua tahu bahwa Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni di setiap tahunnya. Pancasila merupakan dasar ideologi-ideologi negara Indonesia. Pancasila sangat penting bagi bangsa Indonesia karena berperan sebagai pemersatu bangsa. Pancasila juga membimbing para pejuang mencapai Indonesia berdaulat.

75 tahun lalu, para putera terbaik bangsa berembuk untuk merumuskan dasar negara Indonesia merdeka. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) lah yang turut membidani kelahiran Pancasila.  

Mereka menggelar sidang sejak 29 Mei hingga 1 Juni 1945 di gedung Chuo Sangi Pejambon Jakarta (sekarang disebut Gedung Pancasila). Terdapat 3 tokoh yang mengemukakan pendapat mereka mengenai dasar negara, yakni Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir Soekarno. 

Pada 1 Juni 1945, Ir Soekarno berpidato menawarkan gagasan mengenai dasar negara Indonesia. Soekarno berusaha menyatukan perdebatan di antara para anggota BPUPKI mengenai dasar negara.  Soekarno menawarkan lima sila yang terdiri: 
  • Kebangsaan Indonesia
  • Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan
  • Mufakat atau Demokrasi
  • Kesejahteraan Sosial
  • Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pidato tersebut mendapat sambutan hangat dari para anggota. Pidato Soekarno dianggap paling pas dijadikan rumusan dasar negara Indonesia. 

Setelah itu, dibentuklah Panitia Sembilan yang terdiri dari Soekarno, Mohammad Hatta, Mr. AA Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Wahid Hasjim, dan Mohammad Yamin. Mereka bertugas merumuskan ulang Pancasila yang telah dicetuskan oleh Ir Soekarno dalam pidatonya.

Berdasarkan catatan sejarah, Pancasila mengalami perkembangan hingga menghasilkan naskah Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan dan disepakati menjadi rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. 

Meski perumusan Pancasila tidak berakhir pada 1 Juni, tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Sebab, di hari itulah Pancasila sebagai dasar negara diperkenalkan oleh Soekarno untuk pertama kalinya. 

Presiden Joko Widodo bahkan mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 yang menetapkan peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni dan juga dijadikan sebagai hari libur nasional. 

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media