TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Mengenali Kecerdasan Pada Anak

Mengenali Kecerdasan Pada Anak

Belajar tentang Apa itu kecerdasan ,Sebagai orang tua saat ini sebagian besar selalu menekankan anak - anaknya unggul secara akademik .Orang tua menginginkan anaknya mendapatkan nilai A atau 100 ,masuk sekolah terbaik,memenangkan beasiswa, selalu rangking 3 besar dikelas lalu masuk ke universitas bergengsi.

Sekarang kami akan membahas tentang pentingnya intelegensi atau kecerdasan untuk perkembangan anak secara keseluruhan. 

Manusia adalah makhluk yang diciptakan Tuhan yang paling unggul sebab diberikan kecerdasan yang merupakan anugerah sekaligus menjadi kelebihan dibandingkan makhluk Tuhan lainnya.
Dengan kecerdasannya, manusia dapat terus menerus mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya yang semakin kompleks, melalui proses berfikir dan belajar serta aktualisasi diri (mewujudkan kualitas diri melalui perbuatan yang baik dan benar) secara terus menerus.

Kecerdasan adalah perihal cerdas, kesempurnaan akal budi manusia. Kata kecerdasan ini diambil dari akar kata cerdas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cerdas berarti sempurna perkembangan akal budi seseorang manusia untuk berfikir, mengerti, tajam pikiran dan sempurna pertumbuhan tubuhnya.


Hampir semua orang tentu akan setuju jika dikatakan bahwa orang cerdas adalah mereka yang memiliki kemampuan baik dalam menyelesaikan berbagai soal di bangku sekolah, terutama di dalam pelajaran matematika dan ilmu berhitung lainnya. Bukan hanya di bangku sekolah saja, pemikiran yang sama memang telah berkembang secara luas di tengah-tengah masyarakat, di mana kecerdasan itu hanya identik dengan kemampuan akademik yang mumpuni dari seseorang saja.

Tidak hanya sebatas kecerdasan dalam bidang akademik saja, yang pada umumnya hanya berhubungan dengan kemampuan berhitung dan juga logika. Melalui sejumlah penelitian panjang yang dilakukan oleh Gardner dalam teori kecerdasan majemuk, kita bisa mengenal 9 tipe kecerdasan yang berbeda-beda. Hal ini tentu menjadi menarik, sebab setiap dari kita akan memiliki kemampuan yang berbeda-beda pada setiap jenis kecerdasan tersebut, meskipun pada dasarnya setiap kita memiliki semua kecerdasan tersebut di dalam diri kita masing-masing.

Tipe - tipe kecerdasan berikut ini, yang dikemukakan oleh Howard Gardner dalam penelitiannya:

  • Kecerdasan Visual dan Spasial ,Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk melihat dan mengenali dunia tertentu secara akurat, dan juga menggambarkan atau mengubah dunia tersebut ke dalam bentuk-bentuk yang diinginkan. Tipe kecerdasan yang satu ini, akan membuat seseorang memiliki kemampuan yang baik dalam menghitung jarak, volume, pola, dan juga berbagai detail lainnya dari sebuah benda.
  • Kecerdasan naturalis,Kecerdasan ini akan membuat seseorang memiliki kemampuan untuk memahami lingkungannya dengan baik, terutama terkait dengan keberadaan dan juga kebutuhan makhluk hidup lainnya yang terdapat di sana. Kecerdasan yang seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh para ahli biologi, dan juga pecinta flora dan fauna.
  • Kecerdasan Musikal,Kecerdasan musikal yang dimiliki seseorang, akan membuatnya memiliki pemahaman yang baik di dalam membedakan dan mengenali suatu bunyi / suara. Mereka yang memiliki kecerdasan ini akan lebih peka, terhadap nada, melodi, atau bahkan berbagai bunyi lainnya yang berirama.
  • Kecerdasan Logika Matematika,Hal ini telah dimulai sejak seseorang mulai belajar berhitung dan bahkan ketika menempuh pendidikan di lembaga formal seperti sekolah dan juga perguruan tinggi. Kecerdasan logika dan matematika pada umumnya dimiliki oleh seorang akuntan, ahli mesin, dan yang lainnya.
  • Kecerdasan Eksistensial,Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk memahami dan mengetahui berbagai hal yang terdapat di dalam kehidupan ini. Hal inilah yang kemudian membantu seseorang untuk bisa mengolah dan mencari berbagai alasan tentang banyak hal di dalam kehidupannya. Kemampuan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh para psikolog.
  • Kecerdasan Interpersonal,Kemampuan ini akan membuat seseorang dapat memahami berbagai kebutuhan serta perasaan orang lain yang berada di sekitarnya. Kemampuan seperti ini tentu akan membantu seseorang untuk bisa memiliki sebuah kehidupan sosial yang sehat dan lebih terarah. Pada umumnya kemampuan ini akan dimiliki oleh mereka yang bekerja di bidang sosial, pelayanan masyarakat, dan yang lainnya.
  • Kecerdasan Kinestetik Jasmani,Kemampuan ini akan membuat seseorang memiliki sebuah keselarasan yang baik antara kinerja otak dengan tubuhnya, di mana orang tersebut mampu dengan mudah menggerakkan tubuhnya dengan menggunakan kekuatan pikirannya.
  • Kecerdasan Linguistik,Kemampuan ini akan membuat seseorang menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi, sebab memiliki keterampilan yang mumpuni di dalam memilih dan menata setiap kata yang akan digunakannya untuk berkomunikasi.
  • Kecerdasan Intrapersonal,Kemampuan ini akan membuat seseorang paham dan mengerti dengan baik kebutuhan dan juga hal-hal yang diinginkan olehnya ataupun oleh seseorang yang berada di lingkungannya. Hal seperti ini tentu akan sangat membantu seseorang untuk bisa sukses dan memahami setiap hal penting yang ada di dalam kehidupannya. Yang memiliki kecerdasan ini juga bisa menjadi seorang motivator.


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media