TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Berprilaku Ikhlas dalam Kehidupan Sehari - hari

Ikhlas sepertinya mudah untuk diucapkan ternyata sebenarnya sebagai manusia kita selalu perlu belajar ikhlas .seperti dengan adanya pandemik corona ini tentu banyak pekerjaan - pekerjaan yang perlu kita ikhlas karena harus dibatalkan .banyak event - event yang harusnya bisa diadakan tapi harus batal.karenanya lah saya ingin membahas tentang berbuat ikhlas dalam kehidupan sehari - hari ini diangkat .

Secara bahasa, ikhlas mempunyai pengertian bersih hati, tulus, dan rela. Orang yang bekerja dengan ikhlas adalah orang yang bekerja secara tulus, sukarela, atau tanpa pamrih untuk mendapatkan imbalan apapun.

Dalam prespektif agama Islam, ikhlas berarti niat perbuatan amal saleh secara tulus tanpa pamrih manusia, melainkan hanya mengharapkan ridho Allah SWT semata.


Ikhlas, bahwa apa pun yang terjadi tak lepas dari kehendak Allah. Itu hal pertama yang harus kita yakini. “Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)." (QS Al An’aam: 59).

Perilaku ikhlas sebagai penghayatan dan pengamalan Q.S An-Nisa /4 :146  dalam kehidupan sehari - hari dapat diwujudkan dengan cara : 
Gemar melakukan perbuatan terpuji dan tidak dipamerkanpada orang lain
ikhlas dalam beribadah, semata - mata karena Allah Swt
Tidak mengharapkan pujian dan sanjungan dari orang lain 
Selalu berhati - hati dalam bertindak dan berprilaku 
Tidak pernah membedakan antara amal besar dan amal kecil 
Tidak menghitung - hitung apalagi mengungkit -  ungkit kebaikan yang pernah diberikan kepada orang lain .

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media