TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Mendekat Kepada Allah Dengan Mengenal Nama - Nama Allah Swt

Mendekat Kepada Allah Dengan Mengenal Nama - Nama Allah Swt

Dilema hati kita menghadapi pandemik virus corona ,hati kita pun terasa galau dan resah .pendapatan berkurang ,lapangan pekerjaan banyak usaha - usaha yang terpaksa harus tutup karena mengikuti anjuran pemerintah untuk istirahat di rumah saja .bagaimana kita akan menenangkan hati yang resah ini ,mari saat ini kita sama - sama bersama belajar cara menyikapi situasai ini dengan hati yang lebih ikhlas .mari kita belajar bersama caranya .
Berbahagialah Orang - orang yang hatinya merasakan dekat dengan Allah Swt.Orang - orang semacam ini akan merasakan ketenang
an dan kebahagiaan di dalam diri mereka .Sebaliknya ketika seseorang hatinya merasakan jauh dari Allah Swt, maka akan senantiasa diliputi kegelisahan . Agar kita bisa menjadi orang yang hatinya dekat dengan Allah Swt ,perlu belajar mengenai bagaimana cara agar dekat dengan - Nya , Salah satu caranya adalah dengan lebih mengenal-Nya .Allah Swt dapat dikenali melalui nama - nama Nya yang indah ,dengan mengenal kemudian berlanjut memahami nama - nama - Nya yang indah tersebut.

Banyak orang yang mengetahui bahwa iman itu bisa naik dan juga turun, namun tidak banyak dari mereka yang mengetahui bagaimana cara menjaga keteguhan iman.banyak manusia untuk terus belajar dan mempertahankan keteguhan imannya. Karena dengan hal tersebut ia akan mencapai ketenangan dan kebahagiaan dalam hidupnya. Tidak mudah memang, namun selalu ada cara bagi setiap orang yang mau berusaha.
Jika memang menginginkan keteguhan iman yang kuat, maka berusahalah untuk tetap berada dalam jalan yang digariskan
Iman menurut bahasa mempunyai arti percaya. Adapun menurut pengertian istilahnya berarti percaya dengan sepenuh hati dan dilafalkan secara lisan serta dipraktekkan atau diamalkan melalui perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.
Iman kepada Allah ini bukanlah sesuatu yang mudah karena yang namanya iman disini adalah meyakini sesuatu yang ghoib. Untuk membuktikannya pun juga tidak sama dengan membuktikan sesuatu yang tampak yang ada di sekitar kita. Adanya sesuatu benda yang berada di sekitar kita tentu dapat kita rasakan dan kita lihat melalui pancaindra kita.

Dari sinilah untuk membuktikan adanya Allah adalah dengan hati nurani manusia itu sendiri. Misalnya saja dengan melihat dan mengagumi ciptaan-ciptaan Allah di alam raya ini seperti; Matahari, bulan, bintang, dan bumi yang membentang luas yang menjadi tempat tinggal umat manusia itu sendiri.

Ibarat benda-benda yang ada disekitar kita, seperti mobil, motor, meja, kursi maupun yang lain-lainnya. Semua pasti ada yang membuatnya, dan yang membuat itu semua adalah umat manusia sendiri.

Oleh sebab itulah, adanya alam raya ini yang mempunyai beragam isinya tentu juga ada yang menciptakannya. Yakni Allah swt. Dari sini pulalah manusia juga harus tahu dan memahami serta meyakini bahwa Allah-lah Dzat Yang Maha Pencipta, Dzat Yang Maha Kuasa, Dzat Yang Mengatur Segalanya.

Keimanan seseorang itu bisa tebal dan bisa tipis , bisa bertambah atau berkurang salah satunya satu cara untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah Swt adalah dengan memahami nama - nama -Nya yang baik dan indah . Kita sering mendengar nama - nama indah itu dengan sebutan al - Asmau al Husna.

“Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Barangsiapa melakukan ihsha` padanya maka ia akan masuk ke dalam Al-Jannah.” (Shahih, HR Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah z)
Makna ihsha`, bila kita terjemahkan berarti ‘menghafal/menyebut’, tapi apakah sekedar itu 
maksudnya? Tentu tidak demikian. Ibnul Qayyim t jelaskan bahwa ihsha` memiliki tiga tingkatan:
1.    Menyebut lafadz-lafadz-Nya dari jumlah yang ada.
2.    Memahami makna dan kandungan-nya.
3.    Berdoa kepada Allah I dengan nama-nama itu, yakni memuji-Nya dengan nama-nama itu dan memohon kepada-Nya dengan menyebut nama-nama itu.
Demikianlah, karena memang setiap nama itu akan melahirkan sikap ibadah tertentu pada diri seorang hamba ketika ia mengetahui maknanya dan memahaminya.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media