TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Tips BerKomputer yang baik dan sehat.

Apakah anda termasuk orang - orang yang menggunakan komputer dalam waktu yang lama?? 

pemakaian komputer yang salah akan mempengaruhi tubuh sobat seperti kepala, leher, mata, lengan dan punggung. Selain itu penggunaan komputer pada jangka waktu yang lama dapat berakibat stres fisik dan akhirnya menyebabkan tubuh menjadi cacat. Untuk menanggulangi efek negatif dari kesalahan pemakaian komputer.

Kali ini kita akan membagikan Tips Menggunakan Komputer yang baik dan sehat :


  1. Gunakan kursi yang secara dinamis dapat diatur tinggi rendah dan memiliki sandaran punggung
  2. posisi monitor paling atas setidaknya setinggi 5-8 cm diatas arah pandang mata 
  3. untuk menghidari efek silau dari layar monitor . gunakan filter .
  4. Perhatikan Posisi Duduk,Posisi duduk turut mempengaruhi ketika berada di depan komputer dalam jangka waktu yang lama. Posisi duduk yang baik ketika menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak lurus ke atas namun tidak terlalu kaku, posisi kaki dapat menyanggah lantai, Siku dan Lutut membentuk sudut 90 derajat, Keyboard sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat mengurangi ketegangan otot dan persendian
  5. Perhatikan Posisi Kepala dan Leher,pada saat berkerja dengan komputer, posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah melihat langsung kelayar monitor. Posisis kepala menghadap ke layar dengan jarak yang ideal adalah 50 cm dari monitor. kemudian posisi eher tidak boleh mengadah atau membungkuk karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher.
  6. Perhatikan Posisi Pundak, Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.
  7. Perhatikan Posisi Punggung, posisi punggung yang tegak, tidak miring ke kanan atau ke kiri, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk memperoleh posisi punggung yang baik, sebaiknya dibarengi dengan penggunaan tempat duduk yang baik dan nyaman.
  8. Perhatikan Posisi Lengan dan Siku, apabila dapat mengetik dan menggunakan mouse dengan nyaman. Meskipun setiap orang mempunyai posisi nyamannya tersendiri. namun biasanya posisi lengan yang baik terjadi bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.Patikan juga Mouse dan Keyboard terletak tidak jauh dari tangan, sehingga mudah dijangkau dan lengan dapat lebih rileks, Selain itu Posisi keyboard usahakan lurus dengan lengan agar terasa nyaman saat bekerja, jika sobat menggunaan rak keyboard yang dapat diatur ketinggiannya,
  9. Perhatikan Posisi Kaki, kaki harus dapat diletakan di lantai atau sandaran kaki atau atau pijakan kaki yang stabil dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut lebih dari 90 derajat.
  10. Perhatikan Padangan Mata ,  Bekerja didepan komputer secara terus-menerus akan membuat mata cepat lelah, untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan sering mengedipkan mata sehingga permukaan mata tetap basah dan tidak kering serta mengistirahatkan mata secara periodik dengan tidak menatap layar komputer selama beberapa saat

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media