TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Pengertian Laut Dari Blog Guru

Pengertian Laut Dari Blog Guru

Sebagian besar wilayah indonesia adalah perairan .Indonesia memiliki banyak laut, laut - laut tersebut terletak di sekeliling wilayah kepulauan Indonesia
Pada peta ,laut ditunjukkan oleh area yang berwarna biru .Semakin tua warna birunya semakin dalam laut tersebut .

Laut biasanya dimanfaatkan nelayan untuk mencari ikan,tambak udang dan budidaya garam .
Laut atau bahari adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra.
Air laut merupakan campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni.

Pada sekitar 3,8 milyar tahun yang lalu, planet bumi mulai terlihat biru karena laut yang sudah terbentuk. Suhu bumi semakin dingin karena air di laut berperan dalam menyerap energi panas yang ada, namun pada saat itu diperkirakan belum ada bentuk kehidupan di bumi.


Indonesia mempunyai wilayah perairan laut yang sangat luas dan kurang terjaga sehingga mudah mendatangkan ancaman sengketa batas wilayah dengan negara tetangga. Untuk landas kontinen negara kita berhak atas segala kekayaan alam yang terdapat di laut sampai dengan kedalaman 200 meter. Batas laut teritorial sejauh 12 mil dari garis dasar lurus dan perbatasan laut zona ekonomi ekslusif (ZEE) sejauh 200 mil dari garis dasar laut.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media