TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , , » MENCIPTAKAN LIGKUNGAN SEKOLAH YANG SEHAT

MENCIPTAKAN LIGKUNGAN SEKOLAH YANG SEHAT

Lingkungan Sekolah Yang sehat

Lingkungan sekolah mencakup elemen - elemen dalam masyarakat luas yang dapat mempengaruhi sekolah. Elemen - elemen ini dikelompokan ke dalam segmen demografi, ekonomi, politik, hukum , sosial budaya dan teknologi. Lingkungan sekolah adalah sekelompok faktor - faktor yang memepengaruhi sekolah, seperti masyarakat sekolah, masyarakat disekitar sekolah, pemerintah yang memfasilitasi sekolah, pelayanan belajar dan hal - hal yang berkaitan dengan manajemen sekolah.
Secara keseluruhan interaksi berbagai faktor tersebut dapat menentukan apakah sekolah itu bermutu atau tidak. Tantangan sebuah sekolah adalah bagaimana menentukan standar mutu yang kompetitif dan dapat diterima oleh pasar. Kemudian sekolah juga harus dapat mempertahankan diri dari pengaruh - pengaruh bebeapa faktor yang negarif sehingga mutu tetap terjaga.

Semakin baik sekolah dapat mempengaruhi lingkungannya ke arah mutu yang ditentukan, akan semakin besar pula kemampuan sekolah mempertahankan mutu dan mempertahankan diri dari pengaruh faktor - faktor lingkungan, terutama yang bersfa negatif.
Lingkungan sekolah sebagai lembaga layanan pendidikan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Karena itu kepala sekolah sebagai menejer pendidikan dituntut untuk mampu memberdayakan seluruh potensi sekolah, kemudian bertanggung jawab atas operasional keseluruhan komponen sekolah dan meningkatkan mutu layanan belajar dan mutu hasil belajar yang berorientasi kepada pemakai, baik siswa, masyarakat, pemerintah maupun industri atau dunia usaha.
Sedangkan pekerjaan pendidik dalam lingkungan sekolah adalah merancang suatu lingkungan yang sangat terorganisasi untuk meningkatkan keunggulan gradual kompetensi dasar dalam hal membaca, menulis, menghitung dan memproses ilmu pengetahuan.

2 komentar:

  1. kak ne mona......di situ ud di krim ketempat kakak gambar mona tapi gak ada fotonya soalnya salah pencet...kakak tolong hapus dlu kakak...biar mona krimin lg.....

    BalasHapus
  2. kak ne mona (mon_sw33ty) kak mona uda krimin tapi kok foto mona di tempat kakak gak ada? coz di tempat mona uda ad....kakak tolong hapus lah kakak...biar mona krimin lg....

    BalasHapus

Komunitas Blog Guru Sosial Media