Jumat, 13 April 2012

Macam - Macam Metode Mengajar Guru

Metode merupakan fasilitas untuk mengantarkan bahan pelajaran dalam upaya mencapai tujuan.Oleh karena itu , bahan pelajaran yang disampaikan tanpa memperhatikan pemakaian metode justru akan mempersulit guru dalam mencapai tujuan pengajaran.Kelas yang kurang bergairah dan kondisi siswa yang kurang kreatif dikarenakan penentuan metode yang kurang sesuai dengan sifat bahan dan tidak sesuai dengan tujuan pengajaran.Oleh karenanya dapat di simpulkan bahwa metode adalah suatu cara yang memiliki nilai strategis dalam kegiatan belajar mengajar.

Beberapa metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran , diantarannya :
  • Metode ceramah, yaitu metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepda sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.Dalam hal ini bisanya guru memberikan uraian mengenai topik tertentu ditempat tertentu dan dengan alokasi waktu tertentu juga.
  • Metode tanya jawab,adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus di jawab , terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat juga dari siswa kepada guru.Metode ini dimaksudkan untuk merangsang berfikir dan membimbing siswa dalam mencapai kebenaran.
  • Metode diskusi,Salah satu cara mendidik yang berupaya memecahkan masalah yang dihadapi , baik dua atau lebih yang masing - masing mengajukan argumentasi untuk memperkuat pendapatnya
  • Metode kisah / cerita, Dalam kisah yang di ceritakan itu tersimpan nilai - nilai pedagogis religius yang memungkinkan siswa mampu meresapi
  • Metode demonstrasi, demonstrasi dalam hubungannya dengan penyajian informasi dapat diartikan sebagai upaya peragaan tentang suatu cara melakukan sesuatu .Tujuan metode ini dalam proses pembelajaran adalah untuk memperjelas pengertian konsep dan memperlihatkan cara melakukan sesuatu atau proses terjadinya sesuatu.
  • Metode karyawisata, adalah metode dalam proses belajar mengajar siswa perlu diajak keluar sekolah , untuk meninjau tempat tertentu atau objek yang mengandung sejarah, hal ini bukan rekreasi tapi untuk belajar atau memperdalam pelajarannya dengan melihat langsung atau kenyataan .
  • Metode Tutorial, Setelah siswa di berikan bahan ajar , kemudian siwa diminta untuk mempelajari bahan ajar tersebut.
  • Metode perumpamaan , Suatu metode yang digunakan untuk memngungkapkan sutu sifat dan hakikat dari realitas sesuatu
  • Metode pemahaman dan penalaran,Metode ini dilakukan dengan membangkitkan akal dan kemampuan berfikir siswa secara logis. Metode yang mendidik dengan membimbing anak didik untuk dapat memahami problema yang dihadapi dengan menentukan jalan kemuar yang benar dari berbagai macam kesulitan dengan melatih siswa.
  • Metode suri tauladan,dengan adanya teladan yang baik maka akan menumbuhkan hasrat bagi orang lain untuk meniru atau mengikutinya.
  • Metode peringatan dan pemberi motivasi,metode yang menjadi pendorong kegiatan individu untuk melakukan suatu kegiatan mencapai tujuan.
  • Metode praktek, dimaksudkan supaya mendidik dengan memberikan materi pendidikan baik menggunakan alat atau benda , seperti diperagakan , dengan harapan anak didik menjadi jelas dan mudah.
  • Metode pemberi ampunan dan bimbingan,Metode ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar memperbaiki tingkah lakunya dan mengembangkan dirinya.
  • Metode kerjasama, ialah upaya saling membantu antara dua orang atau lebih antara individu dengan kelompok lainya dalam melaksanakan tugas atau menyelesaikan problema yang dihadapi dan menggarap berbagai program yang bersifat prospektif
  • Metode Tulisan, Metode mendidik dengan huruf atau simbol apapun, ini merupakan suatu hal yang sangat penting dan merupakan jembatan untuk mengetahui segala sesuatu yang sebelumya tidak diketahui
  • Metode penugasan,Tugas dilaksanakan dirumah, disekolah ,diperpustakaan dan tempat lainnya.Metode ini tujuannya untuk merangsang anak aktif belajar baik secara individual atau kelompok.Oleh karena itu , tugas dapat dikerjakan secara individual maupun secara komunal.

 Kata Kunci/ keyword Terkait dengan artikel ini  :
pendidikan anak usia dini,pendidikan anak ,paud pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini paud ,pembelajaran anak usia dini ,Kurikulum pendidikan anak usia dini ,skripsi pendidikan anak usia dini , makalah pendidikan anak usia dini,logo pendidikan anak usia dini ,materi pendidikan anak usia dini ,Contoh proposal pendidikan anak usia dini ,artikel pendidikan anak usia dini ,program pendidikan anak usia dini ,metode pendidikan anak usia dini ,judul skripsi pendidikan anak usia dini ,manajemen pendidikan anak usia dini,pendidikan anak usia dini pdf ,direktorat pendidikan anak usia dini ,buku pendidikan anak usia dini ,pendidikan karakter anak usia dini ,pentingnya pendidikan anak usia dini ,jurnal pendidikan anak usia dini ,contoh makalah pendidikan anak usia dini ,tujuan pendidikan anak usia dini ,pendidikan anak usia dini di indonesia ,standar pendidikan anak usia dini ,contoh judul skripsi pendidikan anak usia dini ,artikel tentang pendidikan anak usia dini ,psikologi pendidikan anak usia dini ,karya ilmiah pendidikan anak usia dini ,kategori pendidikan anak usia dini

2 komentar:

  1. makasih infonya..,
    untuk memilih metode mengajar yang efektif, juga harus disesuaikan dengan kondisi siswa

    BalasHapus
  2. wahh ijin copy ya buat referensi makalah saya ...

    BalasHapus