Diberdayakan oleh Blogger.

Dua Belahan Otak


Setiap manusia memiliki dua belahan otak yang lebih sering dikenal dengan sebutan otak kanan dan otak kiri.dan masing - masing belahan memiliki cara berfikir dan kemampuan spesialisasi yang berbeda.Belahan otak sebelah kiri mengetahui bagaimana menghadapi logika.Dan, belahan otak kanan mengetahui tentang dunia.Gabungkan keduannya, dan seseorang akan menapatkan satu mesin pemikir yang dahsyat.
Sistem pendidikan model sekolahan , layaknya di indonesia juga hanya menekannkan pada kemampuan kerja otak kiri siswa.Para siswa dianggap cerdas atau bodoh hanya dilihat dari sudut pandang penguasaan tata bahasa dan logika matematika, Penilaian akhir dari sebuah proses pembelajaran juga hanya diukur pada goresan angka - angka hitam diatas kertas putih , bukan pada potensi , bakat dan skills yang dimiliki.

1 komentar:

  1. mugkin pola pemikiran yg sprt itu akan berubah....krm km d ajarkan bahwa sistem penilaian itu ada 3. kognitif, afektif dan psikomotor. jd dgn hny nilai kognitif yg bgs ttp afektif dan psikomotor tdk bgs,mk nilai dpt d kurangi..dr yg sy pelajari sih demikian. n insya'Allah sy akan menerapkan 3 sistem penilaian, bkn hny kogniyif semata ^_^

    BalasHapus

Komunitas Blog Guru Sosial Media