Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , , » Bermain Cerdas Dan Kreatif

Bermain Cerdas Dan Kreatif

 "Bermain Cerdas dan Kreatif "ini suatu metode pembelajaran melalui permainan yang bertujuan untuk membangun kecerdasan dan kreativitas anak, baik individu/kelompok.  Yang dalam hal ini dapat memberikan ruang gerak dan sikap apresiatif terhadap perkembangan anak tersebut.

Fokus akan usia anak sekolah dasar, yang di mana pada usia ini rasa ingin tahu yang menonjol dan sudah mulai mandiri untuk hal-hal sederhana. Jika dari sisi perkembangan sosial, pada usia ini tidak hanya bersosialisasi di lingkungan keluarga saja. Usia ini juga anak sudah mengenal dan membentuk kelompok teman sebaya. Jika semakin intensif akan membentuk suatu kelompok bermain.

Quantum learning dan accelerated learning telah memeberikan kesadaran baru bagi dunia pembelajaran. Yang berarti aspek kecerdasan bukan hanya dari Intelligence Quantum saja, tetapi dari berbagai hal (multiple intelligence), yang dalam hal pengembangannya harus banyak variasi dan penciptaan suasana dan lingkungan yang kondusif.


Fokus perhatian dalam "Bermain Cerdas Kreatif" ini adalah dengan bentuk permainan yg sederhana,praktis,mudah,menyenangkan. Dalam bermain, terlihat aneka ragam kepribadian, dan akhirnya mereka menemukan sesuatu pengalaman baru. Manfaat lain dalam "Bermain Cerdas dan Kreatif" adalah anak-anak dapat dengan cepat menghasilkan gagasan yg hebat utk menyelesaikan suatu masalah. 

"Bermain Cerdas dan Kreatif" ini biasa anak-anak menyebutnya 'games', dan jika sudah menyebutkan kata ini, wah....dijamin mereka betah berlama-lama untuk di kelas, dan tidak menganggapnya sebagai belajar. 

Games ini diklasifikasikan kembali menjadi dua, yaitu games perseorangan dan games kelompok. Games  perseorangan bertujuan untuk melatih kemampuan dan kecerdasan pribadi anak. Games kelompok bertujuan untuk menilai bagaimana sikap pribadi anak dalam hal kerjasama dalam kelompok, hubungan interpersonalnya.

Teknis pemilihan games harus dibuat dalam format terlebih dahulu yang berisi tentang isi singkat dari games yang dimaksud,  tujuan, waktu, jumlah peserta, bahan pelengkap, dan cara bermainnya. 

Dan sebaiknya, diberikan hadiah sebagai apresiasi atas prestasi usaha mereka. Dan jika salah/belum beruntung, diberikan semacam hukuman yang terkesan tidak seperti hukuman tetapi hanya untuk sekedar memperingatkan agar lebih berkonsentrasi lagi.

Games ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan lagi daya kreativitas anak yang menurun seiring dengan banyaknya aturan di lingkungannya. Yang diharapkan jika setelah ada aktivitas ini, daya kreativitasnya semakin berkembang. 

1 komentar:

  1. Artikel yang bagus..blognya juga keren dan sangat bermanfaat!
    Sa lam kenal, nama saya Kak Zepe. Saya adalah pencipta lagu anak...
    Saya juga penulis artikel pendidikan kreatif dan tips creative parenting…
    Karya2 saya ada di http://lagu2anak.blogspot.com
    Semoga bermanfaat ya… 
    Mari bertukar link! 

    BalasHapus

Komunitas Blog Guru Sosial Media