TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Pembelajaran yang efektif dan bermakna oleh seorang guru dikelas

Pembelajaran yang efektif dan bermakna oleh seorang guru dikelas


 Pembelajaran yang efektif dan bermakna oleh seorang guru dikelas 

Pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum yang menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan kegiatan murrid dikelas sesuai dengan rancangan yang telah dibuat oleh seorang guru tersebut .

guru harus menguasai prinsip - prinsip dasar pembelajaran , pemilihan dan penggunaan media pembelajaran .

Penguasaan kompetensi guru ternyata mempengaruhi hasil belajar muridnya .Jadi proses dan hasil belajar seorang murid dikelas bergantung pada kompetensi guru dan keterampilan mengajaranya serta keefektifan pembelajaran dipengaruhi oleh karakteristik guru dan muridnya , bahan pembelajaran serta aspek - aspek lain yang berkenaan dengan situasi pembelajaran .

kegiatan belajar yang efektif merupakan proses belajar berkualitas yang melibatkan partisipasi dan penghayatan peserta didik secara intensif, dan berhasil mencapai tujuan belajar peserta didik, sebagaimana yang telah diharapkan oleh guru

Cara belajar efektif di kelas

cara belajar efektif yang dapat Bapak dan Ibu Guru lakukan, supaya mampu menerangkan materi secara optimal dan membuat peserta didik benar-benar belajar.

Grab Student’s Attention

Cara belajar pertama yang dapat  Guru lakukan saat mengajar di kelas adalah membuat murid  tertarik pada pelajaran yang akan dibahas. Rancang aktivitas atau kegiatan yang membuat murid perhatian kepada  Guru.

Yang mana opening atau awal pembelajaran sangat menentukan bagaimana kegiatan belajar selanjutnya berlangsung. Jika murid sudah antusias dan semangat, tentunya mereka akan dapat mengikuti pelajaran dengan lebih baik. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian murid, antara lain menggunakan media pembelajaran yang menarik, menerapkan energizer atau motivasi sebelum belajar, dan lain sebagainya.

Selalu Mengulas Kembali Pelajaran yang telah dipelajari

Mengulas pelajaran yang telah  Guru ajarkan, dapat dilakukan dengan melakukan pengulangan setelah atau sebelum memulai pembelajaran berikutnya. Hal ini diperlukan untuk memastikan, apakah para peserta didik telah menguasai kompetensi dan materi yang telah diajarkan.

Namun, karena murid - murid  memiliki daya tangkap yang berbeda-beda, sehingga tidak semuanya dapat langsung paham akan materi pelajaran yang dipaparkan guru dengan sekali penjelasan. Oleh karena itu, pengulangan atau review materi penting dilakukan, supaya dapat mengakomodasi tidak meratanya pemahaman peserta didik.

Sisipkan Komedi

Teknik mengajar terbaik adalah membuat para peserta didik merasa nyaman dan menikmati dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Maka dari itu, diupayakan Guru haruslah dapat membuat suasana segar dan menyenangkan, serta tidak terlalu kaku di dalam kelas. Guru dapat menyiasatinya dengan sesekali melemparkan komedi-komedi ringan yang membuat murid rileks dan merasa terhibur.

Beritahu murid tentang Tujuan Dari Pembelajaran

Tips belajar optimal di kelas selanjutnya adalah memberitahukan kepada murid  tujuan pembelajaran yang akan mereka lakukan hari itu. Hal ini berfungsi untuk memberikan gambaran secara umum tentang manfaat dan tujuan mempelajari materi yang akan dipelajari. Dengan begitu, murid jadi mendapat arahan ke mana pembelajaran dimaksudkan, dan mereka juga akan lebih semangat dalam belajar.

Lakukan kegiatan yang tidak monoton ( menghindari rasa bosan )

Seorang Guru harus bisa merancang pembelajaran yang tidak monoton. Buatlah murid yang mengikuti pembelajaran bertanya-tanya kejutan apalagi yang akan Guru berikan di kelas. Penguasaan berbagai strategi mengajar dan juga teori-teori pembelajaran, dapat membantu Guru merancang kegiatan belajar yang efektif, bermakna, sekaligus menyenangkan.

To the Point

Cara guru mengajar peserta didik haruslah praktis. Seorang Guru harus mampu menjelaskan secara sederhana materi yang disampaikan supaya mudah dimengerti oleh murid nya , sehingga mereka dapat memahami dan mengolah materi pelajaran, tugas, dan PR dengan mudah.

Selain itu, Guru juga dapat menggunakan bahasa sesuai dengan level pendidikan Murid  Jika mengajar Murid sekolah dasar, jangan gunakan bahasa yang terlalu tinggi seperti mengajar Murid jenjang SMA atau mahasiswa.

Perhatikan Kemampuan Murid 

Kemampuan Murid merupakan cerminan keberhasilan dari pembelajaraan. Para murid  dengan kemampuan yang bagus perlu diberikan pengawasan tersendiri, sehingga tidak turun semangat belajarnya. Namun, begitu pula murid dengan kemampuan yang kurang optimal. Mereka pun memerlukan dukungan dan pendampingan lebih dari Guru.

Berikan Penilaian dengan Adil dan Akurat

Ada berbagai macam metode penilaian yang dapat Guru gunakan. Akan tetapi, usahakanlah penilaian dilakukan secara obyektif, sehingga hasilnya adil dan akurat dengan benar-benar menunjukkan tingkat perkembangan belajar murid. Hasil dari penilaian itu pun akan sangat berguna bagi murid dan juga guru, untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil dalam pembelajaran selanjutnya.

Itulah cara belajar efektif agar Guru dapat optimal dalam mengajar di kelas. Sehingga Guru dapat terus menyajikan pembelajaran yang efektif, tapi bermakna dan menyenangkan.

Cara belajar efektif yang dapat Guru lakukan, supaya mampu menerangkan materi secara optimal dan membuat peserta didik benar-benar belajar.

Pembelajaran yang bermakna dapat dilaksanakan dengan berbagai cara agar siswa mampu fokus terhadap materi yang diajarkan. Pembelajaran yang bermakna bisa tetap dilakukan meski kadang kelas sedikit ramai. Ini artinya, guru harus memiliki kemampuan penguasaan kelas, yaitu mampu mengkondisikan kelas jadi efektif untuk belajar. Dengan begitu, siswa dapat memperoleh pembelajaran secara efektif, efisien, dan bermakna.

belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak indera daripada hanya mendengarkan orang/guru menjelaskan materi pembelajaran. Ada banyak pendekatan atau strategi pembelajaran yang dapat digunakan guru/pendidik untuk menciptakan iklim pembelajaran di kelas yang memungkinkan terjadinya pembelajaran bermakna, antara lain sebagai berikut:


  1. Terimalah peserta didik apa adanya.
  2. Kenali dan bina peserta didik melalui penemuannya terhadap diri sendiri.
  3. Usahakan sumber belajar yang mungkin dapat diperoleh peserta didik untuk dapat memlilh dan menggunakannya.
  4. Gunakan pendekatan iquiry-discovery.
  5. Tekankan pentingnya pendekatan diri sendiri dan biarkan peserta didik mengambil tanggung jawab sendiri untuk memenuhi tujuan belajarnya


Ada tiga manfaat penting dalam menerapkan pembelajaran bermakna bagi siswa, yaitu: pertama, informasi yang dipelajari secara bermakna lebih lama dapat diingat; kedua, informasi-informasi baru yang dibangun siswa akan memudahkan proses belajar berikutnya untuk materi belajar berkelanjutan; dan, ketiga, informasi yang dilupakan sesudah terbangun struktur pengetahuan baru akan mempermudah proses belajar hal-hal yang mirip walaupun telah terlupakan.


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media