TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Mengembangkan Profesi Seorang Guru


Seorang guru tentunya harus mengetahui dengan pasti kemampuan apa yang dituntutkan oleh masyarakat terhadap guru di masa sekarang bahkan yang akan datang .

Guru sebagai komponen pendidikan dan pengajaran disekolah harus mampu untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin karena di dalam dunia pendidkan ini kegiatan yang penting di dalam kemajuan pendidikan ini tergantung dari atau terkait 2 belah pihak yaitu guru dan murid nya apalagi seorang guru yang sejatinya bertugas membimbing yang mana seharusnnya mampu mengembangkan potensinnya agar sang murid juga bisa meniru cara sang guru mengembangkan diri.

Guru merupakan sosok paling penting dalam kemajuan pendidikan, entah apa pun niatnya, baik maupun buruk, positif maupun negatif. Terkadang semangat guru dalam mengajar tidak semata-mata dipengaruhi oleh uang. Bisa jadi ada masalah-masalah tertentu yang harus dihadapi di sekolah atau di kelas tempatnya mengajar.

Guru yang profesional merupakan faktor penentu proses pendidikan yang berkualitas. Untuk dapat menjadi guru profesional, mereka harus mampu menemukan jati diri dan mengaktualisasikan diri sesuai dengan kemampuan dan kaidah-kaidah guru yang profesional, apalagi guru dalam era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini bukan hanya sekadar mengajar melainkan harus menjadi manajer belajar. Hal tersebut mengandung arti, setiap guru diharpkan mampu menciptakan kondisi belajar yang menantang kreativitas dan aktivitas siswa, memotivasi siswa, menggunakan multimedia, multimetode, dan multisumber agar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Pelatihan merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengembangkan profesionalisme guru dalam mengajar. Pelatihan untuk guru adalah pelatihan yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk menjadi profesional dan memaksimalkan kegiatan pembelajaran di kelas. Latihan ini biasanya mencakup teknik merencanakan pengajaran hingga cara meningkatkan pembelajaran yang efektif.

Prioritas kegiatan pengembangan profesi guru ditekankan pada

 (a) kompetensi yang masih di bawah standar berdasarkan hasil penilaian. 

(b) Kompetensi yang menurut guru perlu ditingkatkan, 

(c) pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan guru untuk pengembangan karir. 

(d) Pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan guru untuk melaksanakan tugas lain, misalnya sebagai kepala sekolah, 

(e) pengetahuan, keterampilan, materi yang dibutuhkan berdasarkan Laporan evaluasi diri sekolah dan/atau rencana tahunan pengembangannya, 

(f) pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi khusus yang diminati oleh guru.

pengembangan profesi tenaga pendidik sebagai perancang masa depan, hal yang penting adalah membangun kemandirian di kalangan tenaga pendidik sehingga dapat lebih mampu untuk mengaktualisasikan dirinya guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media