TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Belajar mengajar sebagai suatu sistem

 


"Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin,dan hari esok harus lebih baik dari hari ini "

Belajar mengajar sebagai suatu sistem 

tiap sistem itu mempunyai tiga aspek utama yaitu tujuan , proses dan isi .urutan dari tujuan, proses , dan isi merupakan hal penting sebab ia berarti prioritas . sistem dapat dikenali dari tujuannya .isi dipilih sesuai dengan kemampuannya untuk melaksanakan proses yang diperlukan agar dapat mencapai tujuan sistem.

Pembelajaran merupakan proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Hal itu Dapat juga dikatakan sebagai suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam suatu lingkungan belajar yang telah disiapkan, dengan tujuan membantu peserta didik dalam meningkatkan mutu dan menambah pengetahuan.

Sistem merupakan perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Pada sistem, terbentuk dari berbagai elemen, seperti masukan, proses, keluaran, dan umpan balik (input, process, output, feedback). Setiap komponen/elemen satu sama lain, saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan/kompetensi yang telah ditetapkan.

Sehubungan dengan tujuan utama kegiatan mengajar adalah membelajarkan siswa, maka paling bijaksana apabila guru mampu mengenal, memahami dan menerima karakter peserta didik berkaitan dengan, 

(1) tingkat kecerdasan dan bakat peserta didik, 

(2) kemampuan awal, 

(3) perkembangan jasamani dan kesehatan, 

(4) cita-cita, sikap, minat dan hobi, 

(5) kebiasaan dan latar sosial keluarga, 

(6) sifat-sifat khusus dan persoalan pribadi peserta didik.

komponen – komponen pembelajaran tersebut meliputi : 

1. Tujuan, secara eksplisit diupayakan pencapaiannya melalui kegiatan pembelajaran, berupa pengetahuan, dan ketrampilan atau sikap yang dirumuskan secara eksplisit dalam TPK. 

2. Subyek belajar, merupakan komponen utama karena berperan sebagai subyek sekaligus obyek. Sebagai subyek karena siswa adalah individu yang melakukan proses belajar-mengajar. Sebagai obyek karena kegiatan pembelajaran diharapkan dapat mencapai perubahan perilaku pada diri subyek belajar. 

3. Materi pelajaran, merupakan komponen utama dalam proses pembelajaran, karena materi pembelajaran akan memberi warna dan bentuk dari kegiatan pembelajaran.

4. Strategi pembelajaran, merupakan pola umum mewujudkan proses pembelajaran yang diyakini efektivitasnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

5. Media pembelajaran, adalah alat atau wahana yang digunakan guru dalam proses pembelajaran untuk membantu penyampaian pesan pembelajaran. 

6. Penunjang, berfungsi memperlancar, melengkapi dan mempermudah terjadinya proses pembelajaran. 

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media