TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Motivasi intrinsik pada siswa

Motivasi intrinsik pada siswa

 Motivasi intrinsik pada siswa 


Jenis motivasi ini muncul sebagai akibat dari diri individu seseorang tanpa paksaan ataupun dorongan orang lain.

Motivasi intrinsik adalah motivasi yang berasal dari diri siswa sendiri untuk belajar. Motivasi ini bisa dipengaruhi oleh keinginan siswa untuk mencapai suatu tujuan tertentu, misalnya berprestasi, masuk sekolah favorit, masuk perguruan tinggi favorit, membanggakan orang tua, dan sebagainya.

Cara agar dapat menumbuhkan motivasi intrinsik adalah dengan, menumbuhkan rasa senang ketika akan mempelajari sesuatu hal.

Kita bisa membuat suasana menjadi menyenangkan dan menarik, agar emosi kita menimbulkan performa yang baik ketika mempelajari suatu hal.

motivasi intrinsik dipacu berdasarkan kesenangan, minat, atau kenyamanan diri siswa. Siswa yang berhasil memotivasi dirinya untuk nyaman dalam belajar merupakan tipe karakteristik yang sulit ditemukan dalam sekolah. Siswa dengan karakteristik seperti ini merupakan siswa dewasa yang sudah memahami pentingnya belajar dan dapat membedakan dampak positif-negatif yang diterima dirinya dalam pergaulan sosial. Siswa dengan rasa keingintahuan yang besar inilah yang memiliki motivasi intrinsik yang sangat kuat. Namun, motivasi intrinsik pada siswa bukanlah sesuatu yang natural atau bakat anak saja. Hal ini dapat ditumbuhkan dalam diri siswa. 







0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media