TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Teknik Pengajar Mengajar Dengan Baik Di dalam Kelas

Teknik Pengajar Mengajar Dengan Baik Di dalam Kelas


Teknik Pengajar  Mengajar Dengan Baik Di dalam Kelas 

Seorang Pengajar  di tuntut untuk selalu mempunyai inovasi - inovasi terbaru di dalam kelas ,Pengajarsaat berdiri di kelas selalu menjadi pusat perhatian bagi murid - muridnya jadi sebagai Pengajarharus selalu menarik perhatian agar murid tidak berpaling darinya.

Sebagai fasilitator, Pengajar memiliki peranan yang penting dalam menyajikan materi pembelajaran setiap harinya. Menyampaikan materi dengan metode pembelajaran yang fresh akan menumbuhkan semangat baru bagi Murid dalam mengikuti proses belajar

Pengajar  sebaiknya tahu cara mengajar yang baik kepada murid-muridnya. Ketika di dalam kelas, seorang Pengajarmengambil kendali atas kegiatan yang akan dilakukan saat belajar dengan murid-muridnya. Jika respon murid ternyata merasa senang belajar bersama Pengajaryang yang bersangkutan, bisa dipastikan Pengajar tersebut menggunakan metode mengajar yang baik dan tidak monoton. 

Teknik Mengajar Pengajaryang bisa menarik perhatian bagi muridnya :

Creative 

Sebagian Pengajar  mengharapkan bahkan mengharuskan Murid berpikir kreatif, tapi pernahkah Pengajar berpikir awal tombak seorang Murid menjadi kreatif adalah dari seorang guru. Seorang Murid terpacu untuk menjadi kreatif setelah Murid memperhatikan bagaimana seorang Pengajar menjadi kreatif di depan para siswanya. kecerdasan Murid atau kreatif Murid dilihat dari seberapa cerdas dan kreatifnya Pengajaryang mengajar mereka

Giving and receiving

Karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia, sama halnya Murid tidak ada Murid yang sempurna kecerdasannya dan tidak ada Pengajar yang sempurna dalam segala hal. Antara Murid dan Pengajar harus saling memahami karakter masing-masing sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara keduanya. Sebagai seorang Pengajar harus memahami setiap karakter Murid yang diajarnya, menghadapi setiap Murid dengan cara yang berbeda-beda karena setiap Murid memiliki kekurangan masing-masing yang harus dimaklumi oleh guru.

Overt/extroverted

Ada pentingnya jika diantara Murid dan Pengajar saling terbuka satu sama lain, artinya Murid diharapkan selalu berkata jujur dalam segala hal jika berhadapan dengan guru. Sifat keterbukaan berkaitan dengan komunikasi yang baik antara Pengajardan Murid agar menunjang proses pembelajaran terlaksana sesuai harapan.

Teaching questioner center 

Merasa dihargai merupakan salah satu kunci menjadi nyaman ketika diajar oleh seorang guru, artinya Murid merasa dianggap ada dan ikut terlibat dalam proses pembelajaran, bukan hanya menjadi seonggok manusia yang duduk atau tertidur dalam suatu ruangan.

Murid merasa bangga dan dihargai ketika dia memanggil atau bertanya kepada Pengajar dan mendapat perlakuan atau feedback yang baik dari seorang guru, dengan adanya tanggapan dari Pengajar Murid akan merasa diperhatikan dan terpacu untuk menanyakan hal baru kepada guru.Tentunya Sebagai seorang Pengajar haruslah menjadi pendengar dan mesin penjawab yang baik bagi siswa

The questioner

Menjadi penjawab yang baik tentunya juga harus menjadi penanya yang baik. Parameter proses pembelajaran berhasil adalah Murid mampu mencapai tujuan pembelajaran dengan mampu menjawab segala hal yang berkaitan dalam materi pembelajaran. Salah satu teknik pembelajaran yang ampuh dang sering dilakukan oleh Pengajar adalah dengan sering melontarkan pertanyaan kepada siswa, terutama kepada Murid yang tegolong mempunyai kemampuan daya ingat yang lemah karena dengan diajukan pertanyaan para Murid akan merasa terpacu untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan oleh guru.

Sharing

Ilmu, pengetahuan, perkembangan zaman, pembaharuan dunia merupakan hal yang selalu menarik menjadi topik perbincangan antara Pengajar dan siswa. Seorang Pengajar dituntut untuk selalu update dan mengetahui pembaharuan ilmu pengetahuan yang sedang berkembang sekarang. Sehingga pengetahuan Murid semakin berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

Berbagi ilmu merupakan tugas utama bagi seorang Pengajar namun berbagi pengalaman dan solusi dari permasalahan hidup juga diperbolehkan selama itu mampu membentuk karakter baik bagi siswa. artinya selain mencerdaskan otak Murid seorang Pengajarjuga mampu membentuk karakter baik dari seorang siswa.

Information technology (IT) 

Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan/atau menyebarkan informasi. Hal ini juga berlaku dalam duani pendidikan dan ilmu pengetahuan. Seorang Pengajar harus menjadi Pengajar kekinian yang paham teknologi demi menunjang pemabaharuan ilmu pengetahuan dan pengembangan teknik mengajar. Bukan hanya mengandalkan buku, papan tulis dan spidol tapi mampu mengaplikasikan materi pembelajaran dengan pemanfaatan komputer, proyektor dan internet. Hal ini kemungkinan akan membangkitkan minat belajar Murid karena penggunaaan teknik pengajaran berbeda yang membuat bersemangat berada di kelas atau ruang belajar. dengan penggunaan komputer dan proyektor bukan hanya memperlihatkan tulisan namun dikombinasikan dengan gambar (visual), suara (audio, musik, instrumen) dan contoh nyata dari video.

Focus on learning materials

Memfokuskan proses pembelajaran pada tujuan pembelajaran merupakan hal penting yang harus dilakukan Pengajar pada saat di kelas. Terkadang seorang Pengajar yang memberikan materi pembelajaran lupa dengan tujuan seorang Pengajar datang ke kelas.penting bagi seorang Pengajar menuliskan atau memberikan point-pont pembalajaran pada slide pembelajaran sehingga secara tidak langsung mengingatkan materi apa saja yang harus dicapai pada proses pembelajaran.

Repeat things hard

Hal yang sering dilakukan Murid ketika mereka tidak paham dengan suatu materi adalah dengan diam atau bahkan meninggalkan materi yang mereka anggap sulit dipahami. Inilah pentingnya seorang Pengajar mengetahui materi-materi pembelajaran yang dianggap sulit dan sulit dipahami oleh siswa. 

Mengulangi materi pembelajaran yang sulit sampai semua Murid memahami mater sulit tersebut merupakan solusi terbaik dari permasaahan ini. Seperti yang dibahas sebelumnya antara Murid dan Pengajar haruslah saling memahami, terbuka, bertanya dan sharing agar ketika terdapat permasalahan bisa diselesaikan dengan berbagai solusi dan proses pembelajaran berjalan baik.

Discussion

Trik diskusi adalah salah satu teknik yang sering digunakan oleh Pengajaruntuk menguji kemampuan verba Murid sekaligus menimbulkan rasa percaya diri Murid untuk tampil di depan kelas.

Diskusi kelas bukan hanya kegiatan berdikusi antara beberapa Murid dalam satu kelompok namun pada akhirnya akan mempresentasikannya di depan kelas bahkan di depan semua Murid di sekolah. Bukan hanya berdiskusi satu bahasan mata pelajaran dalam bentuk materi yang akan ditampilkan dalam bentuk slide powerpoint namun dalam hal praktek misalnya seni, olahraga, bahkan strory telling hal ini juga bisa diterapkan.

Motivator

Seorang Pengajaryang katanya adalah supersmart karena Pengajar dituntut cerdas dan mengetahui segala hal yang ditanyakan Murid tentang ilmu pengetahuan, selain itu seorang Pengajar juga harus menjadi superangel yang selalu memberikan contoh baik, nasehat baik hingga motivasi-motivasi super untuk membentuk karakter baik pada Murid di sela-sela waktu belajar atau proses pembelajaran berlangsung.tugas utama seorang Pengajar karena sangat sulit sekali mendekati Murid yang secara mental sulit untuk diubah sifat buruk siswa. sebagai sorang Pengajarharus menyentuh hati Murid terlebih dahulu sebelum menyentuh otaknya, menundukkan tabiat buruk Murid dahulu baru menundukkan pikiran siswa. ketika tabiat buruk dan hati Murid telah berubah menjadi baik kemungkinan besar proses pembelajaran akan berjalan lancar.






0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media