TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Kebersamaan dengan toleransi Dan Menghargai Perbedaan

Kebersamaan dengan toleransi Dan Menghargai Perbedaan


Kebersamaan dengan toleransi Dan Menghargai Perbedaan 

kita tentu mencintai kedamaian dan keharmonisan walaupun sebenarnya banyak perbedaan pendapat , mungkin kita berasal dari suku yang berbeda dan lain sebagainnya.Perbedaan itu tidak boleh kita jadikan alasan untuk menjadi sumber masalah sebuah perselisihan .

dalam Qs. Al hujurat /13 mengandung pesan bahwa kita diajarkan untuk tidak membeda - bedakan orang lain berdasarkan kekayaan , warna kulit, ras , suku bangsa dan perbedaan fisik lainnya . akan tetapi kita diajarkan untuk menjadi orang yang mulia di sisis Allah berdasarkan ketaqwaan kita .

Allah SWT tidak pernah membeda - bedakan manusia dari bentuk tubuh ataupun harga bendanya, namun Alllah SWT melihat manusia dari amal saleh dan kebersihan hatinya. Manusia yang paling mulia disisi Allah SWT adalah manusia yang paling banyak amal salehnya dan bersih hatinya.

kebersamaan adalah sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan atau persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa. Selayaknya kepentingan bersama lebih diutamakan dari kepentingan pribadi.

hidup kita sebagai manusia akan mendapatkan banyak kemudahan. Segala sesuatu yang kita lakukan akan lancar. Ini terjadi karena rasa kebersamaan dan toleransi memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita.

Manfaat Rasa Kebersamaan dan Toleransi:

  • Menumbuhkan rasa kasih sayang pada sesama.
  • Meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama manusia.
  • Mempermudah dalam penyelesaian masalah.
  • Meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.
  • Memudahkan mencapai kata mufakat dalam setiap keputusan atau permasalahan yang ada di masyarakat. 
  • Menumbuhkan sikap tolong menolong
  • Meningkatkan kekuatan dalam iman.
  • Memudahkan pembangunan negara.
  • Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Hidup lebih tentram dan damai.

Manfaat Toleransi Hidup Beragama Dalam Pandangan Islam

1. Menghindari Terjadinya Perpecahan

Bersikap toleran merupakan solusi agar tidak terjadi perpecahan dalam mengamalkan agama. Sikap bertoleransi harus menjadi suatu kesadaran pribadi yang selalu dibiasakan dalam wujud interaksi sosial. Toleransi dalam kehidupan beragama menjadi sangat mutlak adanya dengan eksisnya berbagai agama samawi maupun agama ardli dalam kehidupan umat manusia ini.

Dan Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

”Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu Karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu Telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (Al-Imran:103)

2. Memperkokoh Silaturahmi dan Menerima Perbedaan

Salah satu wujud dari toleransi hidup beragama adalah menjalin dan memperkokoh tali silaturahmi antarumat beragama dan menjaga hubungan yang baik dengan manusia lainnya. Pada umumnya, manusia tidak dapat menerima perbedaan antara sesamanya, perbedaan dijadikan alasan untuk bertentangan satu sama lainnya. Perbedaan agama merupakan salah satu faktor penyebab utama adanya konflik antar sesama manusia.

Merajut hubungan damai antar penganut agama hanya bisa dimungkinkan jika masing-masing pihak menghargai pihak lain. Mengembangkan sikap toleransi beragama, bahwa setiap penganut agama boleh menjalankan ajaran dan ritual agamanya dengan bebas dan tanpa tekanan. Oleh karena itu, hendaknya toleransi beragama kita jadikan kekuatan untuk memperkokoh silaturahmi dan menerima adanya perbedaan. Dengan ini, akan terwujud perdamaian, ketentraman, dan kesejahteraan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media