TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Menabung Untuk Biaya Pendidikan Dan Melatih anak Hemat Dari Usia Dini

Menabung Untuk Biaya Pendidikan Dan Melatih anak Hemat Dari Usia Dini


Biaya pendidikan untuk anak adalah tantangan orang tua ,tanggung jawab itu adalah amanah dari Allah SWT .sebagai orang tua harus bekerja keras banting tulang pagi sampai malam demi anak yang harus mengenyam pendidikan di sekolah .tentunya seorang anak juga harus tahu diri dan care akan segala perjuangan orang tua untuk dia. 

Meskipun banyak negara yang sudah menerapkan pendidikan gratis kepada masyarakatnya, Indonesia masih termasuk negara yang biaya pendidikannya lumayan mahal. Biaya pendidikan ini kerap menjadi momok untuk para orang tua karena sering mencekik leher dan membuat pemasukan tandas.

Tak heran banyak keluarga yang jauh-jauh hari mulai berpikir bagaimana bisa membiayai anaknya hingga pendidikan tertinggi. Bahkan pemikiran ini dilakukan sebelum anaknya lahir atau masih usia balita. Bagaimana pun harus ada solusi untuk menjamin si anak bisa mendapat pendidikan layak sementara ekonomi keluarga tetap bisa stabil.

Menabung adalah salah kegiatan pengelolaan keuangan yang bertujuan untuk menyiapkan dana cadangan di kemudian hari. Tabungan memiliki peran tersendiri dalam menjamin menjamin kestabilan keuangan dalam mempersiapkan berbagai risiko atau jika mengalami hal yang tidak diinginkan kemudian hari

Kebiasaan menabung akan berbeda kesulitannya jika sudah ditanamkan sejak dini, bahkan sebelum kamu memasuki dunia kerja dan memiliki penghasilan yang didapat dari hasil kerja kerasmu.

Menabung tidak hanya tentang jumlah yang kamu simpan atau sisihkan, melainkan tentang membentuk kebiasaan terus menerus. Oleh karena itu, manfaat menabung tidak hanya didapatkan bagi kaum dewasa melainkan juga bagi anak-anak sejak dini

Di sekolah, manfaat menabung juga diajarkan para guru dengan mengajak anak untuk berlatih menabung setiap hari. Biasanya, anak akan diberikan buku kecil berupa catatan tabungannya setiap hari. Uang tabungan ini dapat disisihkan dari uang jajan yang diberikan orang tua setiap hari atau sesuai kesepakatan.

Manfaat menabung berikut :

1. Memahami Konsep Mengatur Keuangan

Manfaat menabung yang pertama yang diperoleh jika dilakukan sejak dini adalah memberi pemahaman terhadap konsep mengatur keuangan. Cobalah biarkan anak membeli suatu barang yang diinginkan dari sisa uang jajan yang telah disisihkan. Dengan demikian, anak akan belajar untuk memilih dan menyesuaikan waktu untuk dia bisa membeli barang-barang yang diinginkan menggunakan hasil tabungannya.

2. Menerapkan Hidup Hemat

Bagi anak, memiliki semua hal yang diinginkannya dapat menjadi kepuasan yang tidak ada habisnya. Manfaat menabung bagi anak-anak yang dilakukan sedini mungkin, dapat membuatnya menerapkan hidup hemat tanpa dipaksa oleh siapa pun. Anak dapat belajar untuk melakukan pengeluaran sedikit demi sedikit dan menyisihkan untuk disimpan.

3. Menghargai Uang yang Dimiliki

Manfaat menabung yang satu ini biasanya akan dirasakan, apabila sang anak sudah melalui masa menahan diri untuk tidak membelanjakan semua uang yang dimiliki, hanya untuk menabung. Tidak hanya itu saja, anak juga akan menjadi pribadi yang lebih menghargai uang, ketika sudah berhasil menahan semua keinginan berbelanja, hingga akhirnya tabungan sudah mencapai jumlah yang diinginkan

4. Melatih Kedisiplinan

Melatih kedisiplinan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tidak hanya dalam berkegiatan sehari-hari di rumah dan di sekolah, menabung juga dapat menjadi salah satu cara untuk mendorong anak agar lebih disiplin. Manfaat menabung ini tentu saja tidak dapat dilakukan dengan sekadar membalikkan telapak tangan, melainkan perlu tahapan yang sederhana terlebih dahulu.

5. Melatih Kemandirian

Semboyan mengatakan, hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin. Hal ini dapat dipraktekkan dalam melatih anak memiliki kemandirian untuk menentukan pengelolaan uang jajannya sendiri. Jika sebelumnya anak terbiasa meminta kepada orangtua setiap kali ingin membeli sesuatu. Kamu dapat memberikan anak kepercayaan untuk mengelola uangnya sendiri di jangka waktu yang disepakati. 

6. Melatih Kesabaran

Manfaat menabung ini tidak hanya berguna untuk kepentingan menabungnya saja, melainkan juga membantu pengendalian emosi anak untuk tidak mudah menangis atau teriak pada saat ia tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Ketika baru memulai tabungan anak, pastikan kamu membimbing buah hati untuk menyimpan uang yang ia miliki dengan tujuan tertentu. Ajak anak untuk berdiskusi terkait hal ini, sehingga ia dapat membayangkan hal baik yang akan datang di kemudian hari adalah sebagai apresiasi terhadap dirinya yang berhasil menabung

7. Merencanakan Penggunaan Uang

Menabung kini, lega di kemudian hari. Pernyataan tepat sekali untuk menggambarkan manfaat menabung selanjutnya, yaitu merencanakan penggunaan uang. Hal ini tepat dilakukan sejak pertama kali anak menabung. Tentu saja, perencanaan penggunaan uang juga akan memotivasinya untuk lebih giat dan disiplin dalam menabung

8. Mencegah Berutang

Manfaat menabung selanjutnya adalah memberikan pembelajaran terkait berutang. Kegiatan menabung bagi anak yang dilakukan sejak dini, dapat membuatnya memiliki cadangan uang yang dapat membantu diri dari risiko berutang.

9. Mengajari Konsep Dana Darurat

Berkaitan dengan pencegahan utang dengan menabung, manfaat menabung dapat dihubungkan dengan konsep dana darurat. Dana darurat adalah uang simpanan yang secara khusus dipersiapkan untuk keadaan darurat di masa depan, seperti bencana alam, kematian, atau pun sakit yang membutuhkan perawatan dengan biaya besar. 

10. Melatih Anak Membuat Keputusan Bijak

Kegiatan menabung sehari-hari dapat membuat anak semakin cerdas dalam membuat keputusan ketika mengelola uang miliknya sendiri. Anak akan menghadapi situasi di mana ia dapat membeli sesuatu sesuai keinginannya, serta anjuran untuk menabung yang diberikan oleh orangtuanya. Secara langsung, anak juga akan memahami bahwa sebelum memutuskan menggunakan uangnya, ia harus bijaksana dalam berpikir.

12. Memupuk Kebiasaan Menabung Hingga Dewasa

Bukan hal asing bila seseorang pintar menabung karena terbiasa. Pasalnya kebiasaan yang dilakukan terus menerus akan menjadi rutinitas yang melekat pada pembentukan karakter seorang yang anak. Di kemudian hari ketika dewasa, anak yang telah memiliki penghasilannya sendiri tak perlu dipusingkan dengan konsep pengelolaan uang karena ia sudah melakukannya sejak masih mendapatkan uang dari pemberian orang tua.

13. Mempersiapkan Masa Depan Anak

Manfaat menabung yang terakhir adalah mempersiapkan masa depan anak untuk menjadi pribadi yang terbaik dalam menghadapi masa depan yang terbaik. Berubahnya kondisi sosial dan ekonomi tidak akan menjadi halangan baginya untuk tetap siap menghadapi masa depan. Anak juga dapat mengetahui bahwa dengan seiring bertambahnya usia, maka kebutuhan yang diperlukannya pun akan semakin banyak.


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media