TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Guru Yang Melindungi Murid Saat Disekolah Karena Guru Adalah Orang Tua Kedua Bagi Muridnya

Guru Yang Melindungi Murid Saat Disekolah Karena Guru Adalah Orang Tua Kedua Bagi Muridnya

Guru Yang Melindungi Murid Saat Disekolah Karena Guru Adalah Orang Tua Kedua Bagi Muridnya 


Siapa orang tua ke dua bagi seorang murid yang melaksanakan kewajibannya untuk belajar ? tentu adalah Guru .

Dalam dunia pendidikan guru adalah salah satu faktor terpenting dalam kegiatan belajar mengajar. Guru menjadi fasilitator dalam transformasi ilmu kepada siswa. Guru bertanggung jawab atas penyampaian ilmu selama siswa mengikuti pendidikan, guru bukan hanya menjadi pengajar, ia bukan hanya bertugas mengajar.

Seorang guru harus bisa menjalin ikatan batin yang kuat dengan anak didiknya. Sungguh ini penting agar seorang guru bisa berperan menjadi orangtua kedua bagi para murid supaya mereka merasa nyaman sekaligus menyenangkan belajar di sekolah.

Pada proses pendidikan (formal maupun informal) tersebut, ada yang bertugas sebagai guru dan berfungsi untuk mengajar. Guru merupakan komponen strategis dalam dunia pendidikan. Tugas dan perannya bukan hanya di sekolah atau kelas tetapi lebih luas serta kompleks, meliputi :

  • pada bidang profesi, guru bertugas mendidik, mengajar, dan melatih; mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup; mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan iptek; melatih berarti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan siswa
  • dalam bidang kemanusiaan, di sekolah, guru berperan sebagai orang tua kedua, yang memberi dan membangun motivasi murid-muridnya untuk belajar serta menambah wawasan dalam berbagai hal
  • dalam bidang kemasyarakatan, guru bertugas mendidik dan mengajar masyarakat untuk menjadi warga negara yang baik serta bertanggung jawab

guru dapat berperan lebih luas, misalnya sebagai seorang pendamping dalam berbagai pergumulan dan permasalahan yang ada pada diri siswa.

Pendampingan itu bertujuan agar siswa mampu mengatasi pergumulan dan permasalahannya. Dalam konteks ini, guru dapat berlaku sebagaisahabat curhat, teman penopang, kawan pemberi solusi, atau bahkan pribadi ( yang menyenangkan) yang mau mendengar suara dan isi hati anak didiknya.

Untuk mencapai model guru seperti itu (seperti orang tua kedua), ia (sang guru tersebut), tentu saja juga harus melalui - mengalami proses pendidikan (persiapan) menjadi seorang guru atau pun pendidik. Melaui proses itu, diharapkan menjadi guru yang berkualitas, dengan berbagai kopentensi

guru dapat berperan yang lebih besar lagi dalam proses belajar dan mengajar, sehingga interaksi dengan siswanya bukan hanya ketika di ruang kelas tetapi juga pada keaktifan hidup lainnya.

Interaksi itu menjadikan guru dapat mengenal kemampuan serta minat, tingkat perkembangan, kekuatan dan pengalaman muridnya, sehingga ia dapat membimbing mereka dengan baik. 

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media