TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » » Menjadi guru yang di cintai

Menjadi guru yang di cintai

Menjadi guru yang di cintai 


Menjadi guru yang dicintai oleh murid tentu keinginan bagi seorang guru. Walaupun tidak semua guru yang bisa mencapai ini. Kenapa? Karena ada saja sebagian kecil guru yang hanya membatasi guru sebagai profesi, bukan visi. Guru yang hanya kerja sebagai guru, bukan menjalani perannya sepenuh hati.

Dalam mencintai siswanya, seorang guru juga harus bisa menunjukkan rasa terimakasih pada siswa untuk meruntuhkan kesombongannya sebagai guru. karena seorang guru itu sebenarnya merasa ingin merubah diri anak hanya karena ada ketersinggungan hati guru oleh perilaku siswa. Akibatnya, guru bisa melakukan sesuatu yang menyakiti siswa secara fisik maupun psikis. Rasa terimakasih itu perlu karena pada dasarnya seseorang menjadi guru karena adanya siswa. Jika siswa tidak ada maka dirinya tidak dapat disebut guru. Karenanya, keberadaan guru tergantung dengan keberadaan siswa agar dirinya dapat disebut sebagai guru. Dengan begitu, sebagai orang yang lebih tua dan memiliki pengetahuan yang lebih banyak. Layaknya seorang selebritis ya kan dia tidak bisa di bilang selebritis jika mereka tidak mempunyai fans .

Bagaimana sebagai guru agar kita bis adi cintai murid di sekolah :

1. Suka membagikan pengalaman Pengalaman

Guru yang dicintai oleh muridnya pasti memberikan hal yang lebih dibandingkan guru pada umumnya. Mereka bukan hanya mengajar di kelas, tapi juga memberikan peran dan pengalaman.Yang guru berikan adalah memberikan pengalaman yang berkesan di hati muridnya. 

2. Mengenali, Bukan Hanya Mengetahui

Interaksi guru kepada murid, Guru tersebut hanya sekedar tahu siapa nama muridnya dan berapa nilainya. Tidak ada informasi lebih yang dia usakankan untuk kenali. Padahal mengenali adalah tahap sebelum mencintai.Bagi guru yang ingin dicintai oleh muridnya, cobalah kenali lebih dalam diri seorang murid. Kelebihannya, latar belakangnya, orangtuanya, dan berbagai hal lain yang membuat seorang murid merasa dikenali oleh gurunya.

3. Nyambung dengan Dunia Mereka

Perbedaaan usia antara guru dan murid harusnya bukan menjadi Jalan pemisah untuk mengenali. Perbedaan . Guru sebagai pengajar agar bisa dicintai oleh muridnya harus bisa memberikan usaha lebih. Mengenali muridnya akan berbuah nyambung ketika diajak bicara.

4. Menjadi Teman Cerita

Tidak semua guru yang punya kesempatan untuk menjadi teman cerita. Menjadi teman bercerita adalah usaha lebih. Ada waktu yang diberikan, ada hati yang dibuka, dan ada energi yang siap diserap sekaligus keluarkan. Apalagi bagi murid yang jauh dari orangtua seperti sekolah berasrama. Guru yang nyaman untuk menjadi teman bercerita akan semakin dicintai oleh muridnya karena bisa menjadi pengganti orangtua di sekolah.

5. Menjadi Teladan Bagi Murid

Guru adalah pahlawan tanda jasa. Begitu katanya. Tapi pepatah ini tidak bisa diterima dengan mentah-mentah begitu saja. Bagaimana jika guru tersebut tidak mendapat tempat di hati muridnya? Tidak memberikan keteladanan sehingga apa-apa yang dilakukan oleh guru tersebut menjadi pembenaran ketika murid berbuat salah. Murid akan berkata “kan bapak guru berbuat begitu”.


Jadilah kamu termasuk guru yang di cintai maka muridmu akan mengingat guru tersebut dalam waktu yang lama , selamat menyebarkan cinta untuk para guru di seluruh indonesia .

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media