TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Memperingati Hari Batik


Berapa koleksi baju batik anda di rumah ? kita sebagai bangsa indonesia harus bangga mengenakan bahan - bahan buatan negara kita sendiri. kain batik merupakan kain khas buatan indonesia yang harus selalu kita lestarikan serta kita bangga kan .

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya. Corak ragam batik yang mengandung penuh makna dan filosofi akan terus digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang  di Indonesia. Motif Batik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motif adalah corak atau pola. Motif adalah suatu corak yang di bentuk sedemikian rupa hinga menghasilkan suatu bentuk yang beraneka ragam.

Motif batik adalah corak atau pola  yang menjadi kerangka gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Motif-motif batik itu antara lain adalah motif hewan, manusia, geometris, dan motif lain. Motif batik sering juga dipakai untuk menunjukkan status seseorang. Membatik merupakan tradisi turun-menurun.

Batik sebagai karya seni telah menjadi kekayaan budaya bangsa Indonesia dan yang banyak dikagumi khalayak dari berbagai penjuru dunia. Batik tidak hanya mempunyai nilai-nilai pada penampilannya saja, tetapi juga memiliki keindahan pada sisi rohani bermakna filosofi yang mendalam melalui ragam hiasnya. Pada mulanya batik hanya berkembang di seputar lingkungan Keraton saja, namun seiring perkembangan zaman, batik memperluas wilayah sebarannya hingga ke daerah pesisir, di mana hal ini membuka jalan untuk batik mendapatkan pengaruh dari luar (corak, gaya, dan lain-lain). Fungsi batik pun berkembang tidak hanya untuk busana tetapi juga untuk hiasan penghias ruangan dan lain sebagainya.

Ada dua makna besar batik bagi masyarakat Indonesia. Pertama, batik merupakan warisan kebudayaan dari nenek moyang bangsa Indonesia. Kedua, sebagai sebuah karya industri, batik merupakan sandaran kehidupan atau lapangan kerja bagi masyarakat yang terlibat di dalamnya.

Batik tidak hanya memiliki nilai seni, namun juga telah menjelma menjadi karya industri yang bernilai ekonomis dan multi fungsi. Selain dalam hal busana, pada penerapannya batik juga dapat difungsikan sebagai aksesoris, misalnya dompet, kipas, tas, gordyn, taplak meja, kain penutup kursi, sprei, dan aksesoris kombinasi barang-barang souvenir. Batik pun juga memiliki kedudukan istimewa dalam kebudayaan populer karena kegunaannya yang sangat luas di alam Indonesia modern. Di samping itu, tekstil batik juga memainkan peranan penting, baik dalam hal desain interior maupun dalam dunia busana.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media