TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Home » , » Tingkat Kemampuan Profesional Seorang Guru

Tingkat Kemampuan Profesional Seorang Guru


Di era yang maju ini serta di iringi dengan adanya pandemik corona Tugas guru dituntut untuk dilakukan dengan lebih dan lebih profesional .GUru harus profesional dan melakukan segala macam inovasi dalam melakukan proses belajar mengajar berusaha sebaik mungkin sehingga semua siswanya bisa mendapat ilmu yang dia berikan secara maksimal.

yang kita lihat sekarang adalah bagaimana guru itu bisa dikatakan profesional atau tidak itu bisa kita lihat dari dua perspektif .Pertama dilihat dari tingkat pendidikannya lalu yang kedua adalah Penguasaan guru terhadap materi yang akan diajarkan.

Guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan yang cukup berperan menentukan kualitas lulusan, namun guru itu sendiri juga berada dalam satu dilema permasalahan baik dari sudut kualitas maupun kesejahteraan. Oleh karena itu implementasi kurikulum harus dapat menjembataninya dalam mencapai kemajuan yang berbudaya tanpa ada yang dikorbankan.


Terdapat tiga tingkatan kualifikasi profesional guru, yaitu capability, inovator, dan developer. Capability maksudnya adalah guru diharapkan memiliki pengetahuan, kecakapan dan keterampilan serta sikap yang lebih mantap dan memadai sehingga mampu mengelola proses pemelajaran secara efektif. Inovator maksudnya sebagai tenaga pendidik yang memiliki komitmen terhadap upaya perubahan dan reformasi. Guru diharapkan memiliki pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan serta sikap yang tepat terhadap pembaharuan dan sekaligus merupakan penyebar ide pembaharuan yang efektif. Developer maksudnya guru harus memiliki visi dan misi keguruan yang mantap dan luas perspektifnya. Guru harus mampu melihat jauh ke depan dalam mengantisipasi dan menjawab tantangan yang dihadapi oleh sektor pendidikan sebagai suatu sistem


Membicarakan soal kedudukan guru sebagai tenaga profesional, akan lebih tepat kalau diawali dari pengertian profesi. Profesi merupakan suatu pekerjaan yang  memerlukan pendidikan lanjut di dalam science dan teknologi yang digunakan sebagai perangkat dasar untuk diimplementasikan dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat. Berkenaan dengan pekerjaan profesional, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, yaitu:


  • Memiliki spesialisasi dengan latar belakang teori yang luas;
  • Merupakan karier yang dibina secara organisatoris;
  • Diakui masyarakat sebagai pekerjaan yang mempunyai status profesional;


0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media