TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Proses Produksi Kerajinan Bahan Limbah Lunak


Di bawah  ini merupakan penggolongan  hasil limbah lunak organic yang dapat di jadikan bahan baku yang dapat di jadikan bahan baku produk kerajinan dilihat dari kondisi wilayahnya. 

1.Daerah pesisir pantai / laut 
2.Daerah pegunungan 
3.Daerah pertanian 
4.Daerah perkotaan 
Proses pengolahan bahan limbah lunak secara umum dan sederhana. 
1.Pemilahan bahan limbah lunak 
2.Pembersihan limbah lunak 
3.Pengeringan 
4.Pewarnaan bahan limbah lunak 
5.Pengeringan setelah pewarnaan 
6.Penghalusan bahan agar siap dipakai 




1.Kegunaan (utility) 
2.Kenyamanan (comfortable)
3.Keluwesan (fleksibilitiy) 
4.Keamanan (safety)
5.Keindahan (aestetik)





A.Kerajinan limbah kertas  

 Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari plup.

1.Bahan dan alat pembuatan kerajinan limbah kertas 

Tekhnik kerajinan dari limbah kertas 
A.Anyam 
B.Sobek 
C.Lipat 
D.Gulung 
E.Bubur 
F.Remas 


A.Bahan pembuatan kerajinan limbah kertas.

Bahan utama yang digunakan adalah kertas. Kertas dapat memanfaatkan ketebalannya juga corak warnanya. Pemilihan limbah kertas harus disesuaikan dengan rencana pembuatan produk kerajinan.bahan pendukung lainnya adalah lem putih dan cat pewarna. 

B.Alat 

Alat yang digunakan di sesuaikan dengan kerajinan yang akan dibuat. Pembuatan kerajinan limbah kertas tidak membutuhkan alat khusus yang sulit atau alat besar. Alat yang sering digunakan adalah gunting, cutter/pisau , kuas stik sumpit , dan tusuk sate.


    
2.Proses pembuatan kerajinan dari limbah kertas 

Proses pembuatan kerajinan dari kertas banyak tekhniknya.
Kertas dapat dibuat dengan kerajinan dengan berbagai tekhnik di gulung ,dianyam, dibubur,dirobek,diremas, dan dilipat. 


B.kerajinan limbah kulit jagung 

Kulit jagung yang sepintas tidak berharga dapat menjadi karya kerajinan yang artistic. Kulit jagung adalah limbah organic yang sering di temukan di pasar tradisional. Banyak pedagang sayuran membuang kulit jagung di tong sampah. 

1.Bahan pembuatan kerajinan limbah kulit jagung 

Bahan utama pembuatan kerajinan dari kulit jagung adalah kulit jagung.
Jika ingin di di warnai  kulit jagung dapat diberi warna dengan pewarna bubuk atau cair. 

2.Alat  pembuatan kerajinan dari limbah kulit jagung 

Alat pembuatan kerajinan limbah jagung  cukup sederhana, dan mudah di cari di rumah. Alat di antaranya ;gunting , lem tembak, seterika , dan elemen pemanas. 


3.Produk kerajinan limbah kulit jagung 

Kulit jagung dapat dibuat menjadi berbagai karya seperti bunga ,boneka ,hiasan pensil, penghias wadah,bingkai foto, sandal ,anyaman untuk keranjang atau tas, dan bentuk kerajinan lainnya.


4.Proses pembuatan kerajinan limbah jagung 

Proses pembuatan kerajinan dari kulit jagung banyak juga tekhniknya. 
Untuk pembuatan kerajinan pensil hias maka yang perlu dilakukan tekhniknya sangat sederhana hanya di gunting dan di lipat, tidak perlu pemanas solder. 



C.Kerajinan limbah jerami

Batang padi yang biasa disebut jerami merupakan limbah pertanian.
Selama ini jerami biasa dipergunakkan sebagai media tanam jamur merang dan makanan ternak. Meskipun demikian jerami yang ada masih berlimpah dan harus di bakar. 


1.Bahan produk kerajinan dari limbah jerami 

Bahan pembuatan kerajinan limbah jerami yang  utama adalah jerami dengan seluruh bagian bagiannya. Pemilihan bagian jerami di sesuaikan dengan produk kerajinan yang akan di buat. 


2.Alat pembuatan kerajinan limbah jerami 

Alat pembuatan kerajinan limbah jerami mudah di dapat, di antaranya adalah gunting , lem tembak , dan pisau /cutter.

3.Produk kerajinan llimbah jerami 

Produk kerajinan dari limbah jerami di antaranya bingkai foto, wadah pensil ,aneka hewan , kotak serbaguna , alas piring dan gelas, vas bunga, juga benda fungsional rumah tanggalainnya seperti sapu dan sebagainya.


4.Proses pembuatan kerajinan limbah jerami 

Proses pembuatan kerajinan dari jerami dengan tekhnik sederhana.
Pemanasan dilakukan dengan membengkokkan batang dengan lilin bakar. Hasil nya pun cukup bagus , kali ini pembuatan kerajinan jerami hanya membuat hiasan pohon kelapa yang akan di jadikan miniatur. 



D.Kerajinan limbah pelepah pisang 

Masayarakat Indonesia telah memiliki kepedulian yang tinggi terhadapisu global warming.
Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi minat masyarakat untuk mulai memperhatikan produk produk kerajinan yang tentunya ramah lingkungan.kondisi inilah yang di manfaatakanpara pengerajin untuk menciptakan aneka macamkerajinan daur ulang limbah organic untuk menarik minat para konsumennya. 


1.Bahan pembuatan kerajinan pelepah pisang 

Bahan pembuatan kerajinan pelepah pisang diantaranya pelepah pisang, lem biji bijian, dan kardus.bahan bahan ini mudah untuk di dapatkan di sekitar rumah.

2.Alat pembuatan kerajinan pelepah pisang 

Alat pembuatan kerajian pelepah pisang di antaranya gunting, pisau , seterika , dan alat penunjang lainnya.

3.Produk kerajinan pelepah pisang 

Produk kerajnan pelepah pisang relative beragam. Banyak pengerajin telah memproduksi desain baru dari pembuatan kerajinan ini. 

4.Proses pembuatan kerajinan pelepah pisang 

Proses pembuatan kerajinan limbah pelepah pisang kali ini disajikan bentuk tempat sederhana. Tempat pensil ini dapat di fariasikan bentuknya, bergantung pada bentuk dasar kardusnya , bias bentuk silinder , kotan , segitiga , persegi lima atau bentuk lainnya.


2.kerajinan limbah lunak an organic 

Limbah lunak anorganicyang dapat di daur ulang yaitu sampah plastik, kotak kemasan, plastic ,dan kain perca.limbah limbah lunak an organic 
Dapat di pilah pilah sesuai kebutuhan. Jika di nilai tidak layak di pakai maka limbah an organic dapat di selesaikan dengan cara di bakar. 


A.Kerajinan limbah plastic     
Jika kita perhatikan di daerah perkotaan, banyak orang berjualan di pinggir jalan sebagai pedagang kaki lima. Contohnya di terminal atau di pinggir stasiun dan hamper di seluruh daerah industry tersedia banyak pedagang musiman.

1.Bahan kerajinan limbah plastic 

Bahan kerajinan limbahh plastic banyak jenisnya, seperti plastic kemasan minuman, sedotan , plastic bungkus detergen , dan plastic lembaran bekas potongan. 


2.Alat pembuatan kerajinan limbah plastic 

Alat pembuatan kerajinan limbah plastic terdiri dari gunting, meteran, lem tembak, mesin jahit dan jarum jahit tangan. 


3.Produk kerajinan limbah plastic 

Produk kerajinan limbah plastic banyak dan berfariasi. Perhatikan desain yang selalu berganti dan berubah setiap saat. Hal ini menandakan bahwa kreatifitas semakin berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan keinginan.


4.Proses pembuatan produk kerajinan dari limbah plastic 

Proses pembuatan produk kerajinan dari limbah plastic di sajikan adalah pembuatan dompet sederhana. Dalam petunjuk gambar menggunakan mesin jahit. Namun , dapat juga dilakukan dengan jahit tangan, tetapi harus lebih halus agar jahitan kuat dan tidak mudah copot. 



B.Kerajinan totak kemasan 

Kemasan adalah wadah sebagai bagian terluar yang berfungsi untuk membungkus sebuah produk agar sebagai pelindung produk. Pada kemasan ini yang akan di gunakan adalah kemasan yang berasal dari limbah pangan dan minuman. Jika di perhatikan bentuk kemasan biasanya menonton seperti bentuk kotak.


1.Bahan pembuatan kerajinan limbah kotak kemasan   

Bahan pembuatan kerajinan limbah kotak kemasan diantaranya kotak kemasan minuman atau kotak kemasan obat dan sebagainya. Bahan pendukung lainnya adalah , karung goni , benang , lem dan sebagainya. 


2.Alt pembuatan kerajinan limbah kotak kemasan

Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan limbah kotak kemasan juga sederhana , seperti gunting , lem tembak , dan cutter / pisau. 


3.Produk kerajinan limbah kotak kemasan 

Produk kerajinan limbah kotak kemasan banyak di buat orang hanya sebatas pada ekspresi semata.  Namun , ada yang tertarik sebagai koleksi. 


4.Proses pembuatan kerajinan limbah kemasan 

Proses pembuatan kerajinan limbah kemasan yang disajikan kali ini adalah membuat dompet yang terbuat dari kotak kemasan susu cair ukuran 1000 ML. 

C.Kerajinan limbah kain perca 

Kebutuhan sandang manusia yang berupa pakaian merupakan kebutuhan primer sehari hari yang harus di penuhi.produksi pakaian yang di lakukan oleh para penjahit atau konveksi sebagai perussahaan pakaian jadi, menghasilkan  banyak limbah kain yang biasa di sebut  kain perca. 


1.Bahan pembuatan kerajinan limbah kain perca 

Bahan yang digunakan untuk membuat produk kerajinan di antaranya kain perca , lem dan benang. 


2.Alat pembuatan kerajinan kain perca 

Alat pembuatan kerajinan limbah kain perca yang di gunakan  adalah mesin jahit , gunting , meteran , lem tembak dan alat pendukung lainya.


3.Produk kerajinan limbah kain perca 

Produk kerajinan limbah kain perca sudah banyak dibuat orang, dan masih disukai oleh setiap kalangan. Bentuk dan paduan warnanya yang menarik membuat kerajinan limbah  kain perca ini menjadi incaran pada konsumen dalam setiap event pameran. 

E.kemasan produk kerajinan bahan limbah lunak

 kemasan telah menjadi bagian penting dari sebuah karya. Saat ini kemasan sebuah produk turut menentukan apakah produk tersebut layak dikatakan berkualitas tinggi atau biasa biasa saja . seperti lukisan , jika tidak di lengkapi dengan  figura maka lukisan tersebut Nampak seperti karya tanpa busana. 

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media