TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Berprilaku Pemaaf dalam kehidupan sehari - Hari

Pemaaf , jika kita benar - benar bisa melakukan prilaku ini tentu hidup kita akan lebih nyaman dan terhindar dari stres .Umat Islam dalam agamanya mengajarkan nilai-nilai humanisme dalam setiap kehidupan menekankan kepada umatnya agar senantiasa mengedepankan sikap memaafkan atas kesalahan dan memelihara hubungan sosial secara baik dengan sesama pada saat sedang menghadapi situasi perselisihan.

Sifat pemaaf juga merupakan suri tauladan yang dicontohkan Rasulullah Saw kepada umatnya agar saling memaafkan. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai sifat pemaaf dalam Islam.
Tidak banyak dari manusia memang memiliki sifat pemaaf. Namun bagi orang mukmin hendaknya memiliki sifat ini. Perlu kita pahami bahwa sifat pemaaf ini merupakan perangai yang baik, sifat yang mencerminkan akan beningnya hati dan lapangnya dada, dan karakter yang didasari dengan keimanan dan rasa kasih sayang. Tapi memang perlu dilakukan pembelajaran sedini mungkin agar kelak saat dewasa, untuk membentuk karakter pemaaf tak begitu sulit.


Sifat pemaaf adalah sifat suka memaafkan kesalahan orang lain tanpa sedikit pun ada rasa benci dan keinginan untuk membalas. Kita sebagai seorang muslim yang hidup ditengah-tengah masyarakat tentunya kita tidak akan mampu berlaku benar setiap saat. Kadang pasti kita pernah berbuat kesalahan kepada orang lain. 

Dalam hadits Rasulullah pun sifat pemaaf merupakan iman yang paling utama dijelaskan dalam Riwayat Bukhari

            “Iman yang paling utama adalah sabar dan memaafkan” (HR. Bukhari)

Dan dari sifat pemaaf yang nantinya kita miliki akan banyak memberikan manfaat, diantaranya orang pemaaf tanda orang yang bertakwa

133.”dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-rang yang bertakwa”.

134.”(yaitu) orang yang berinfak, baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali Imran[3]: 133-134)

Dalam kehidupan sehari - hari perilaku pemaaf dapat diwujudkan dengan :
  • Memberikan maaf dengan ikhlas kepada orang yang meminta maaf
  • meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat 
  • tidak memendam rasa benci dan perasaan dendam kepad orang lain .

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media