TELAH DIBUKA UJIAN KEJAR PAKET A, B DAN C SELURUH INDONESIA, RESMI. INFORMASINYA DI SINI
Diberdayakan oleh Blogger.

Kumpulan Video Pembelajaran

Berprilaku Amanah

Siapa Tahu kelak diantara anda ada yang mendapat amanah untuk menjadi seorang pemimpin , Jika kalian berlatih mulai dari sekarang nanti pada saat menjadi pemimpin tentu tidak sulit untuk menjaga amanah.

Amanah adalah terpercaya atau suatu julukan bagi orang yang dapat dipercaya atas hal-hal yang dipercayakan kepadanya, baik sebuah barang ataupun suatu rahasia.

Orang yang berbuat baik kepada orang lain, sesungguhnya ia telah berbuat baik kepada diri sendiri. Begitu juga sikap amanah memiliki dampak positif bagi diri sendiri. 



  1. Disukai banyak orang, karena kejujurannya
  2. Memiliki banyak teman baru, baik di sekolah ataupun di Masyarakat
  3. Dipercaya banyak orang
  4. Memperoleh pahala atas perilakunya yang baik dari Allah
  5. Dipermudah mencari rezeki, karena banyak orang yang menolong
  6. Memiliki derajat yang tinggi, baik di mata manusia maupun di hadapan Allah Swt


  • Menjaga titipan dan mengembalikannya seperti keadaan semula. Apabila kita dititipi sesuatu oleh orang lain, misalnya barang berharga, emas, rumah, atau barang-barang lainnya, maka kita harus menjaganya dengan baik. Pada saat barang titipan tersebut diambil oleh pemiliknya, kita harus mengembalikannya seperti semula.
  • Menjaga rahasia. Apabila kita dipercaya untuk menjaga rahasia, baik itu rahasia pribadi, rahasia keluarga, rahasia organisasi, atau rahasia negara, maka kita wajib menjaganya supaya tidak bocor kepada orang lain.
  • Tidak menyalahgunakan jabatan. Jabatan adalah amanah yang wajib dijaga. Apabila kita diberi jabatan apapun bentuknya, maka kita harus menjaga am±nah tersebut. Segala bentuk penyalahgunaan jabatan untuk kepentingan pribadi, keluarga, atau kelompok termasuk perbuatan yang melanggar amanah.
  • Memelihara semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. berupa umur, kesehatan, harta benda, ilmu, dan sebagainya. Semua nikmat yang diberikan oleh Allah Swt. kepada umat manusia adalah amanah yang harus dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Komunitas Blog Guru Sosial Media